UMM Institutional Repository

AKTIVITAS DESTINATION BRANDING KOTA BLITAR SEBAGAI KOTA WISATA MELALUI IKON BHUMI BUNG KARNO ( Studi Pada Dinas Komunikasi Informatika dan Pariwisata Daerah Kota Blitar )

Fitayani, Diah Ayu (2012) AKTIVITAS DESTINATION BRANDING KOTA BLITAR SEBAGAI KOTA WISATA MELALUI IKON BHUMI BUNG KARNO ( Studi Pada Dinas Komunikasi Informatika dan Pariwisata Daerah Kota Blitar ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-diahayufit-29368-1-pendahul-n.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-diahayufit-29368-2-babi.pdf

Download (149kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya sebuah destination branding suatu tempat pariwisata. Destination Branding didasari oleh passion dan identitas menarik yang saling berhubungan dengan berbagai hal yang akan memudahkan orang memiliki asosiasi dengan tempat tersebut. Destination branding diyakini memiliki kekuatan untuk mengubah persepsi dan mengubah cara pandang seseorang terhadap suatu tempat atau tujuan termasuk melihat perbedaan sebuah tempat dengan tempay lainnya untuk dipilih sebagai tujuan. Destination branding terbagi menjadi tiga elemen salah satunya adalah elemen history yang juga digunakan Dinas Komunikasi Informatika dan Pariwisata Daerah Kota Blitar(di bawah naungan Pemerintah Kota Blitar) dalam mengangkat ikon Bhumi Bung Karno tersebut sebagai branding penarik wisatawan. Dari fenomena tersebut peneliti tertarik untuk menganalisis bagaimana aktivitas destination branding Kota Blitar sebagai Kota Wisata melalui ikon Bhumi Bung Karno. Aktivitas atau kegiatan adalah suatu peristiwa atau kejadian yang pada umumnya tidak dilakukan secara terus menerus. Penyelenggara yang berkaitan itu sendiri bisa merupakan badan, instansi pemerintah, organisasi, orang pribadi, lembaga, dll. Biasanya kegiatan dilaksanakan dengan berbagai alasan tertentu, mulai dari peringatan ulang tahun sebuah organisasi, kampanye sebuah partai politik, atau bahkan sosialisasi sebuah kebijakan pemerintah. Aktivitas pembentukan ikon sebuah kota ini dinamakan destination branding yaitu komitmen yang dibuat dengan penuh didasarkan pada nilai-nilai inti dan tujuan stakeholder baik dari sisi permintaan maupun sisi penawaran, dalam rangka membangun sebuah janji unik yang berhubungan dengan destinasi kepada wisatawan, pengertian tersebut sesuai dengan potensi serta pengembangan. Melalui strategi penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi, maka data yang diperoleh dapat dianalisis dengan dengan prinsip kualitatif yaitu identifikasi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Adapun teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber yang bertujuan untuk membandingkan dan mengecek kebenaran data yang diterima. Dalam hal ini akan menggambarkan bagaimana aktivitas yang digunakan oleh Dinas Komunikasi Informatika dan Pariwisata Daerah Kota Blitar dalam membentuk Kota Blitar sebagai Kota Wisata melalui ikon Bhumi Bung Karno. Dari hasil penelitian ini, dapat diambil kesimpulan bahwa aktivitas destination branding Kota Blitar sebagai Kota Wisata melalui ikon Bhumi Bung Karno yang dilakukan oleh Dinas Komunikasi Informatika dan Pariwisata Kota Blitar adalah pertama, melakukan tindakan persuasif yaitu dengan menyelenggarakan kegiatan-kegiatan tahunan antara lain Drama Kolosal PETA, Bulan Bung Karno, Pentas Budaya,dll. Kedua, mengembangkan bangunan fisik yang menjadi pendukung ikon Bhumi Bung Karno diantaranya Istana Gebang (rumah Bung Karno), Makam Bung Karno, Perpustakaan dan Museum Bung Karno serta Makam Adipati Aryo Blitar selaku guru besar/spiritual dari Bung Karno. Ketiga, pemeliharaan lingkungan dan masyarakat dalam hal ini dikenal dengan Sapta Pesona yang dilakukan oleh para pelaku wisata. Keempat, penyediaan transportasi becak wisata yang dikhususkan untuk para wisatawan dengan menyediakan jasa paket keliling wisata Kota Blitar dengan tarif yang telah ditentukan oleh PemerintahDaerah agar mempermudah aksebilitas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 26 Apr 2016 01:50
Last Modified: 26 Apr 2016 01:50
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28112

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo