UMM Institutional Repository

KAJIAN YURIDIS SOSIOLOGIS PENANGANAN TINDAK PIDANA MALPRAKTIK KEDOKTERAN OLEH PIHAK KEPOLISIAN DI RUMAH SAKIT DR. DORISILVANUS PALANGKARAYA ( Studi di Wilayah Hukum Polres Palangkaraya )

SUDRAJAT, AGUS (2013) KAJIAN YURIDIS SOSIOLOGIS PENANGANAN TINDAK PIDANA MALPRAKTIK KEDOKTERAN OLEH PIHAK KEPOLISIAN DI RUMAH SAKIT DR. DORISILVANUS PALANGKARAYA ( Studi di Wilayah Hukum Polres Palangkaraya ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-agussudraj-31742-1-pendahul-n.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-agussudraj-31742-2-bab01.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Terjadi malpraktik kedoteran dirumah sakit bisa terjadi pada siapa saja baik terhadap anak-anak maupun orang dewasa. Tolak ukur malpraktik kedoteran yaitu adanya kesalahan dalam pelayanan, penanganan pengobatan serta tindakan medis yang membuat pasien semakin menjadi menderita sakit baik karena kesalahan diagnosa medis maupun karena kelalaian medis lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa 1). Faktor-faktor penyebab terjadinya Tindak Pidana Malpraktik Kedokteran di Rumah Sakit Dr. Dorisilvanus Palangkaraya. 2). Bentuk-bentuk Malpraktik kedokteran di Rumah Sakit Dr. Dorisilvanus Palangkaraya. 3). Kendala yang dihadapi oleh pihak kepolisian dalam melakukan penanganan Malpraktik Kedokteran di Rumah Sakit Dr. Dorisilvanus Palangkaraya. 4). Upaya yang dilakukan oleh pihak kepolisian dalam penanggulangan tindak pidana Malpraktik Kedokteran di Rumah Sakit Dr. Dorisilvanus Palangkaraya. Malpraktik Kedokteran di Rumah Sakit Dr. Dorisilvanus Palangkaraya merupakan bentuk kelalaian, di dalam KUHP kelalaian dapat menyebabkan orang lain luka berat atau mati yang dilakukan secara tidak sengaja dirumuskan di dalam Pasal 359 dan 360 KUHP . Adapun unsur – unsur dalam Pasal 359 dan 360 KUHP. Selain itu Polres Palangkaraya perlu memperhatikan hukum yang berkaitan dengan perlindungan pasien yang tercantum dalam Undang – Undang Nomor 23 Tahun 1992 Tentang Kesehatan sebagaimana yang tercantum dalam Pasal 56, Pasal 57, dan Pasal 58, Undang-undang kesehatan Nomor 23 Tahun 1992. Untuk menentukan kelalaian tersebut, dapat dilakukan dengan cara membuktikan unsur 4 D yaitu Duty yaitu adanya kewajiban yang timbul dari hubungan terapetis, Dereliction of duty yaitu Tidak melaksanakan kewajiban yang seharusnya dilaksanakan, Damage yaitu timbulnya kerugian atau kecideraan dan Direct Causation yaitu adanya hubungan langsung antara kecideraan atau kerugian itu dengan kegagalan melaksanakan kewajiban.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 26 Apr 2016 01:34
Last Modified: 26 Apr 2016 01:44
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28110

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo