UMM Institutional Repository

RANCANG BANGUN APLIKASI PENGENDALIAN DAN PERAMALAN MUTU AIR SUNGAI DENGAN METODE STORET, INDEX PENCEMARAN DAN FORECASTING BERBASIS WEB (STUDY KASUS : KANTOR LINGKUNGAN HIDUP BATU)

KUNDORI, MOH. (2013) RANCANG BANGUN APLIKASI PENGENDALIAN DAN PERAMALAN MUTU AIR SUNGAI DENGAN METODE STORET, INDEX PENCEMARAN DAN FORECASTING BERBASIS WEB (STUDY KASUS : KANTOR LINGKUNGAN HIDUP BATU). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mohkundori-33726-1-pendahul-n.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mohkundori-33726-2-bab_i.pdf

Download (106kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan merancang dan membangun suatu perangkat lunak pendukung keputusan analisis tentang pengendalian dan peramalan mutu air sungai. Menentukan status pencemaran dengan menggunakan metode STORET, Indeks Pencemaran dan peramalan status pencemaran pada masa yang akan datang dengan menggunakan Single Exponential Smooting. Perangkat lunak yang dirancang berbasis web. Hasil rancangan ini kemudian diimplementasikan pada data parameter sungai di Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Batu dalam periode pemantauan tiap tahun dengan jumlah 2 kali pemantauan ditiap tahunnya. Hasil analisis menunjukkan rancangan perangkat lunak dapat digunakan sebagai alat bantu analisis pengendalian dan peramalan kualitas mutu air sungai di kota tersebut. Perangkat lunak ini dapat menampilkan hasil analisis dari metode STORET dan Index Pencemaran pada setiap titik ukur dan seluruh titik ukur sungai. Dan dapat melakukan proses ramalan untuk status mutu air sungai pada masa yang akan datang dengan durasi satu tahun kedepannya dari hitungan tahun waktu tersebut. Perangkat lunak ini mampu membuat laporan hasil analisis dan grafik pada setiap titik ukur dan dapat mengidentifikasi parameter yang memiliki nilai konsentrasi tinggi, sedang dan memenuhi baku mutu air sungai sesuai dengan ketentuan standar menurut Keputusan MENLH No.115 Tahun 2003 dan Peraturan pemerintah No.82 Tahun 2001. Berdasarkan hasil implementasi perangkat lunak yang telah diuji coba melalui data pemantauan sungai dengan beberapa sample parameter yang berbeda antara metode STORET dan Index Pencemaran, dihasilkan nilai STORET sebesar -38 dengan status sungai cemar berat dan nilai Index Pencemaran sebesar 0.774 dengan status sungai memenuhi baku mutu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics (55201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 25 Apr 2016 11:12
Last Modified: 25 Apr 2016 11:12
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28102

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo