UMM Institutional Repository

SISTEM KLASIFIKASI SOAL PILIHAN GANDA BERDASARKAN PROPORSI TINGKAT KESUKARAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BAYES (Studi Kasus: Tingkat Sekolah Dasar)

Anida, Nuril (2013) SISTEM KLASIFIKASI SOAL PILIHAN GANDA BERDASARKAN PROPORSI TINGKAT KESUKARAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BAYES (Studi Kasus: Tingkat Sekolah Dasar). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurilanida-32628-1-pendahul-n.pdf

Download (632kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurilanida-32628-2-babi.pdf

Download (101kB) | Preview

Abstract

Evaluasi pendidikan merupakan bagian dari proses penyelenggaraan pendidikan yang wajib dilakukan. Proses evaluasi dapat dilakukan dengan cara memberikan tes atau ujian kepada peserta didik. Item soal yang baik adalah item yang tingkat kesukarannya dapat diketahui tidak terlalu sukar dan tidak terlalu mudah. Untuk memperoleh prestasi belajar yang baik, sebaiknya proporsi antara tingkat kesukaran soal tersebar secara normal, maka dari itu perlu dilakukan klasifikasi soal. Sebelum melakukan klasifikasi, perlu dilakukan analisis soal terlebih dahulu. Analisis soal adalah sebuah perlakukan yang diberikan kepada soal dan kepada hasil tes untuk mengetahui beberapa karakteristik soal dan kualitas soal. Karena pentingnya analisis ini maka dibuat sistem klasifikasi yang mampu mengolah atribut-atribut berdasarkan karakteristik setiap butir soal yang ada. Tujuan dari tugas akhir ini adalah membuat aplikasi yang dapat mempermudah Guru dalam mengklasifikasikan soal Pilihan Ganda di Tingkat Sekolah Dasar berdasarkan proporsi tingkat kesukaran sebuah soal dengan menggunakan metode bayes. Sehingga dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat memudahkan seorang pengajar untuk mengetahui kualitas setiap butir soal berdasarkan karakteristik dari soal tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics (55201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 25 Apr 2016 08:40
Last Modified: 25 Apr 2016 08:40
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28055

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo