UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI SENSOR KAMERA KINECT UNTUK MENGUKUR PANJANG OBJEK BENDA MENGGUNAKAN METODE ITERATIVE CLOSEST POINT

RAMADHANI, ANDIK (2013) IMPLEMENTASI SENSOR KAMERA KINECT UNTUK MENGUKUR PANJANG OBJEK BENDA MENGGUNAKAN METODE ITERATIVE CLOSEST POINT. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-andikramad-32646-1-pendahul-n.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-andikramad-32646-2-babi.pdf

Download (141kB) | Preview

Abstract

Pada tahun 2010, microsoft meluncurkan perangkat pengendali permainan yang menggunakan gerak tubuh pemain sebagai input-nya. Perangkat ini bernama Microsoft Kinect. Perangkat ini mampu menditeksi gerakan yang dilakukan oleh pemain melalui teknologi 3D motion capture, facial recognition, dan voice recognition. Banyak sekali aplikasi yang dikembangkan oleh para developer untuk mengembangkan sensor kinect. Munculnya teknologi tersebut mendorong penulis mencoba membuat implementasi sensor kamera kinect untuk mengukur panjang objek benda menggunakan metode iterative closest point. Tujuan dari pembuatan aplikasi ini adalah untuk memvisualisasi pengukuran panjang objek benda . Aplikasi ini dibangun menggunakan bahasa pemograman C# dan menggunakan library kinect SDK. Hal ini dikarenakan bahasa pemograman C# sangat support digunakan untuk membangun aplikasi yang menggunakan sensor kamera kinect dan memudahkan user dalam pembuatan aplikasi. Hasil yang didapat pada pengujian berdasar jarak, jarak yang ideal digunakan untuk mengukur panjang objek kardus kamera kinect pada jarak 80 cm. Karena hasil keakuratannya masih sangat tinggi 99%. Sedangkan untuk pengukuran meja dengan panjang 84 cm, idealnya dari jarak 150 cm. Dalam penggunaan aplikasi harus diperhatikan jarak dan fokus kamera dengan objek benda sehingga bisa didapat nilai yang akurat dengan ketilitian hampir 100%, jika jaraknya 80 cm.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics (55201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 25 Apr 2016 08:36
Last Modified: 25 Apr 2016 08:36
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28053

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo