UMM Institutional Repository

PEMAKNAAN SENSUALITAS DALAM TAYANGAN KAKEK-KAKEK NARSIS TRANS TV (Studi Resepsi Pada Masyarakat di Perumahan Simpang Batu Permata Tlogomas Malang)

Putra, Rudi Hendra (2012) PEMAKNAAN SENSUALITAS DALAM TAYANGAN KAKEK-KAKEK NARSIS TRANS TV (Studi Resepsi Pada Masyarakat di Perumahan Simpang Batu Permata Tlogomas Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rudihendra-29420-1-pendahul-n.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rudihendra-29420-2-babi.pdf

Download (142kB) | Preview

Abstract

Didasari berkembangnya industri pertelevisian Indonesia. Hal ini menjadikan persaingan yang ketat antar stasiun-stasiun televisi untuk mencari perhatian audiens untuk mendatangkan pengiklan. Bermacam-macam program acara yang ditawarkan oleh stasiun televisi untuk bersaing, dari acara hiburan musik, pertunjukan, informasi, drama, non drama, talkshow, variety show, dan masih banyak yang lainnya. Kakek-Kakek Narsis adalah sebuah acara talkshow komedi. Komisi Penyiaran Indoensia (KPI) memberikan 2 kali surat teguran untuk acara KKN. Melihat hal ini, peneliti menentukan audiens yang bertempat tinggal disimpang batu permata Tlogomas, sebagai subjek penelitian dengan karakteristik audiens yang telah ditentukan peneliti.. Berdasarkan latar belakang tersebut dapat dibuat rumusan masalah bagaimana audiens memaknai tayangan Kakek-Kakek Narsis Trans Tv menurut masyarakat di perumahan Simpang Batu Permata Tlogomas Malang. Resepsi adalah sebuah studi untuk mengungkapkan makna dari sebuah media oleh audiens. Dalam studi resepsi, makna yang ditemukan merupakan hasil pemaknaan teks media oleh audiens yang distudi, berbeda dengan analisis teks media yang makna penelitiannya diperoleh atas peneliti sendiri. Beragam makna yang dihasilkan oleh audiens tersebut juga terkait dengan konsep khalayak aktif dimana audiens dilihat sebagai pihak yang lebih aktif dalam membuat keputusan mengenai bagaimana menggunakan media. Dalam studi resepsi audiens yang bersifat aktif, bisa saja memaknai dan memposisikan diri sebagai pembaca dominan, negosiasi, bahkan sebagai oposisi. Selain itu audiens dalam memaknai acara Kakek-Kakek Narsis, terpengaruh sebuah ideologi media. Dalam hal ini adalah ideologi budaya massa, bahwa budaya massa mempresentasikan suatu budaya yang turun nilainya, remeh, hanya dipermukaan, artifisial, dan baku, sebuah kebudayaan yang menyedot kekuatan budaya rakyat dan budaya tinggi, serta menantang penilaian intelektual selera kultural. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif interpretatif. Sementara itu pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini melalui metode studi resepsi. Dengan mendapatkan 6 orang subjek penelitian yang ditentukan melalui purposive sampling sudah bisa menjelaskan bagaimana audiens di simpang batu permata tlogomas memaknai acara Kakek-Kakek Narsis. Data didapatkan melalui teknik wawancara secara mendalam, peneliti akan mendapatkan penjelasan lengkap pendapat audiens tersebut sebagai subjek penelitian. Kemudian dilakukan analisis dengan menginterpretasikan dari setiap masing-masing apa yang telah diungkapkan oleh subjek. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa audiens memaknai acara Kakek-Kakek Narsis banyak yang melakukan negosiasi. Artinya subjek menerima pesan teks media akan tetapi melihatnya dengan didasari oleh latar belakang pengetahuan yang dimiliki. Tidak menolak secara utuh dan juga tidak menerima apa adanya. Selain itu juga ada yang sebagai oposisi, yang secara terang-terang mereka menolak dan tidak setuju tehadap teks yang disajikan oleh Kakek-Kakek Narsis. Akan tetapi audiens juga terpengaruh ideologi budaya massa, yang berarti audiens juga secara tidak sadar menyukai apa yang mereka tentang dalam sebuah tayangan televisi. Dalam hal ini audiens menganggap Kakek-Kakek Narsis adalah tayangan yang sensual, mengeksploitasi sifat lansia dan juga eksploitasi terhadap wanita. Akan tetapi mereka tetap ikut menyaksikan tayangan Kakek-Kakek Narsis sehingga mereka secara tidak sadar mereka ikut terseret menertawakan apa yang menurut mereka salah. Audiens memanknai acara Kakek-Kakek Narsis berbeda-beda sebagai pembaca dominan, negosiasi, dan oposisi. Terpengaruh berdasarkan latar belakang dari segi pendidikan, pekerjaan, usia dan juga intensitas menonton, selain itu audiens dalam menonton juga terpengaruh ideologi budaya massa. Sehingga audiens sebagai pihak yang aktif bisa lebih peka dalam menonton sebuah tayangan televisi untuk memenuhi kebutuhan audiens itu sendiri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 25 Apr 2016 04:22
Last Modified: 25 Apr 2016 04:22
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28026

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo