UMM Institutional Repository

PENGARUH TERPAAN TAYANGAN HUMOR OPERA VAN JAVA DI TRANS 7 TERHADAP KEPUASAN PENONTON (Study pada mahasiswa FISIP jurusan ilmu komunikasi angkatan 2011)

Muhtadin, Arief Imam (2012) PENGARUH TERPAAN TAYANGAN HUMOR OPERA VAN JAVA DI TRANS 7 TERHADAP KEPUASAN PENONTON (Study pada mahasiswa FISIP jurusan ilmu komunikasi angkatan 2011). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ariefimamm-29424-1-pendahul-n.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ariefimamm-29424-2-babi.pdf

Download (207kB) | Preview

Abstract

Suatu tayangan yang ada di televisi saat ini sangat beraneka ragam, baik itu berupa info berita (news), olahraga, hiburan dan lain-lain. Indonesia memiliki banyak stasiun televisi yang menyuguhkan berbagai macam informasi dengan tujuan tertentu. Seperti halnya humor dan lawak dalam sebuah tayangan televisi yang dimana memiliki tujuan untuk hiburan. Penelitian kali ini peneliti mengangkat tema “pengaruh terpaan tayangan Opera Van Java terhadap kepuasan penonton”.kita tahu bahwa tayangan humor Opera Van Java memiliki rating yang cukup tinggi dimana guyoan atau hiburan yang disuguhkan memiliki nilai budaya yang dikombinasi dengan budaya modern. Terkait dengan permasalahan yang akan di angkat, dimana lebih menekankan pada pendekatan media, maka dipilih Teori Uses and Gratification (kegunaan dan kepuasan). Menurut Hamidi (2007:77-79) teori Uses and Gratification ini menyatakan ( mengasumsikan ) bahwa orang memiliki kebutuhan kebutuhan dan keinginan yang dapat dipenuhi dengan (salah satu caranya) menggunakan media, baik itu berbentuk media visual, audio , maupun audio visual. Tujuan penelitian kali ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tayangan Opera Van Java di Trans 7 terhadap kepuasan penonton. Pada penelitian kepuasan terhadap Opera Van Java, pneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan angket. Target penelitian ini adalah mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2011 dengan jumlah populasi kurang lebih 375 mahasiswa. Dari 375 mahasiswa diambil 20% untuk sample penelitian ditemukan 79 mahasiswa sebagai sample penelitian. Penelitian ini menggunakan angket yang berisi 32 pertanyaan. Hasil dari analisis data yang peneliti dapatkan adalah Berdasarkan teori Uses and Gratification yang digunakan peneliti untuk mengetahui tingkat kebutuhan dan keinginan yang dapat dipenuhi oleh seseorang, salah satu contohnya adalah dengan media informasi audio visual berupa televisi. Dalam hal ini tayangan humor Opera Van Java di Trans 7. Terlihat dari hasil penelitian bahwa prosentase besarnya kepuasan penonton didasari oleh motif hiburan. Ini menandakan bahwa penonton memilih tayangan humor Opera Van Java sebagai kebutuhan akan hiburan, baik itu mengisi waktu luang, atau bersantai, juga mendapatkan suatu tayangan yang menghibur dikala beban pekerjaan, kehidupan, dan lain sebagainya di sekitar kita. Beberapa diantaranya hasil penelitian ini menemukan bahwa motif interaksi sosial pun ikut berpengaruh. Seperti halnya hasil penelitian angket peneliti menyatakan bahwa tingkat kepuasan penonton dalam tayangan Opera Van Java juga dipengaruhi adanya motif adopsi suatu tayangan televisi dan dipraktekkan dalam kehidupan sehari hari, seperti halnya menirukan gaya berbicara, bahasa atau bisa kita sebut dengan jargon dalam tayangan Opera Van Java, dan digunakan sebagai bahan perbincangan juga lawakan (guyonan) saat berbincang bincang dengan kerabat. Motif informasi dalam ukuran kepuasan penonton pun juga berpengaruh.terlihat dari hasil penelitian ini bahwa sekitar 25% penonton ingin menggali informasi dari tayangan humor Opera Van Java. Beberapa diantaranya alasan penonton, menonton tayangan Opera Van Java karena ingin mengetahui sisi menariknya tayangan tersebut, tema atau hal baru yang di angkat dan disajikan kepada masyarakat Indonesia, dan membandingkan antara tayangan humor Opera Van Java dengan tayangan humor yang lain. Dengan demikian peneliti dapat mengetahui bahwa adanya terpaan tayangan humor Opera Van Java memberikan kepuasan dengan kesimpulan sangat puas, terhadap penonton dalam segi informasi, interaksi sosial, dan pribadi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 25 Apr 2016 03:56
Last Modified: 25 Apr 2016 04:18
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28014

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo