UMM Institutional Repository

Pesan Kemanusiaan Dalam Film Indonesia (Analisis isi Pada Film “Tanah Air Beta” Karya Ari Sihasale (2010))

ANGGARA, ANDRI (2012) Pesan Kemanusiaan Dalam Film Indonesia (Analisis isi Pada Film “Tanah Air Beta” Karya Ari Sihasale (2010)). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-andriangga-29425-1-pendahul-n.pdf

Download (975kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-andriangga-29425-2-babi.pdf

Download (109kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menguraikan seberapa besar frekuensi kemunculan scene yang mengandung pesan kemanusiaan dalam film “Tanah Air Beta” karya Ari Sihasale. Penelitian ini dibuat berdasarkan ketertarikan peneliti terhadap tema dari sebuah film karya Ari Sihasale yang berjudul “Tanah Air Beta”. Film ini mengusung tema keluarga, hal ini dapat terlihat dari bagaimana sang sutradara menampilkan dalam film tersebut berbagai bentuk kemanusiaan, hubungan antar anggota keluarga, dan antar individu tetap berlangsung meskipun dalam kondisi tersulit. Kondisi tersulit yang ditampilkan dalam film “Tanah Air Beta” ialah pada saat para pengungsi dari Timor Leste harus terpisah dari anggota keluarganya akibat referendum tahun 1999 yang berujung pada terpisahnya Timor Timur dari Indonesia. Dalam sebuah film tentu terkandung pesan yang ingin disampaikan oleh sutradara. Menurut Irawanto (1999:27), ‘pada dasarnya studi media massa mencakup pencarian pesan dan makna yang terdapat didalamnya’. Maka pesan kemanusiaan yang terkandung dalam film “Tanah Air Beta” merupakan pesan yang diteliti oleh peneliti melalui pengamatan terhadap film “Tanah Air Beta” dengan dibantu oleh dua orang koder yang memiliki latar belakang akademis dibidang audio visual. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi untuk memperoleh suatu hasil atau pemahaman terhadap berbagai isi pesan kemanusiaan yang disampaikan oleh film “Tanah Air Beta” secara objektif dan sistematis. Penelitian ini menggunakan unit analisis berupa scene dalam film “Tanah Air Beta” dengan satuan ukur frekuensi kemunculan pesan kemanusiaan yang terdapat dalam scene di film “Tanah Air Beta”. Berdasarkan hasil pengujian dapat diambil kesimpulan bahwa dari 100% scene dalam film “Tanah Air Beta”, total scene dengan pesan kemanusiaan adalah sebesar 93,83%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa film “Tanah Air Beta” ini sangat sarat akan pesan kemanusiaan, terutama dengan kategori kebersamaan sebesar 34,21%, dan kasih sayang sebesar 27,63% diikuti kategori keempat yaitu pengorbanan sebesar 23,68%, dan kategori bertenggang rasa sebesar 14,47%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 25 Apr 2016 03:24
Last Modified: 25 Apr 2016 03:24
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27993

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo