UMM Institutional Repository

BENTUK & PERKEMBANGAN KERJASAMA MILITER ISRAEL - SINGAPURA

Prajnasari, Gita (2014) BENTUK & PERKEMBANGAN KERJASAMA MILITER ISRAEL - SINGAPURA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-gitaprajna-34276-2-bab1.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-gitaprajna-34276-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hubungan kerjasama militer antar Israel dan Singapura dilatarbelakangi oleh berbagai kesamaan diantara mereka dan potensi yang sama-sama bisa dikembangkan. Dalam hal inilah, kepentingan negara masing-masing bertemu dan melakukan simbiosis mutualisme yang berarti saling menguntungkan. Awal dirintisnya keterlibatan Israel dan Yahudi adalah turut membangun negara yang baru mulai berdiri yaitu Singapura. Terdapat dua hal yang sangat diperhatikan pada awal pembangunan negara Singapura. Pertama adalah pengakuan internasional atas lahirnya negara baru ini. Dan hal kedua terbesar yang menjadi perhatian adalah masalah keamanan dan pertahanan. Untuk mengatasi masalah pertahanannya, Singapura meminta bantuan kepada negara lain namun tak segera mendapat jawaban yang pasti. Sebelum Singapura meminta bantuan, Israel telah menawarkan jasa untuk mempersiapkan pasukan bersenjata yang pada awalnya ditolak dengan beberapa alasan. Tapi akhirnya, Singapura melirik tawaran ini dan langsung memproses proposal Israel untuk menyiapkan militer Singapura. Perlu digarisbawahi di sini, bahwa proposal Israel yang telah diajukan adalah sebuah hasil dari kajian mendalam tentang masa depan Singapura dan percaturan politik di Asia Tenggara. Rencana ini telah dibuat berdasarkan perencanaan yang matang dari gerakan Zionisme internasional. Menempatkan diri bersama Singapura, sama artinya menjadi satelit Israel dan kekuatan Yahudi di Asia Tenggara. Sejak saat itu berbagai kerjasama dalam jumlah besar tak hanya dalam bidang militer dan pertahanan, tapi juga ekonomi dan politik telah terjadi antara Israel dan Singapura. Atas nasihat Israel pula kini Singapura punya interest yang kuat dalam perdagangan dan kerjasama yang dibentuknya untuk empat hal. Empat hal tersebut adalah di bidang komando, kontrol, komunikasi dan intelijen.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of International Relations
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 25 Apr 2016 03:07
Last Modified: 25 Apr 2016 03:07
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27982

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo