UMM Institutional Repository

MANAJEMEN REDAKSI TABLOID MINGGUAN (Studi Newsroom Pada Redaksi Koran Pendidikan Malang)

Mardiani, Ana Nur Metania (2012) MANAJEMEN REDAKSI TABLOID MINGGUAN (Studi Newsroom Pada Redaksi Koran Pendidikan Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ananurmeta-29436-1-pendahul-n.pdf

Download (996kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ananurmeta-29436-2-babi.pdf

Download (431kB) | Preview

Abstract

Pada dasarnya setiap media memiliki idealisme,demikian juga Mingguan Koran Pendidikan. Untuk itu, media ini harus memiliki personil-personil yang berkompeten di bidang redaksi untuk menghasilkan berita seputar pendidikan yang berkualitas. Ironisnya, berdasarkan data yang diperoleh peneliti, berita pendidikan jarang diminati khalayak. Namun, dengan kondisi seperti ini, Koran Pendidikan dapat mempertahankan eksistensinya dalam dunia pers selama delapan tahun. Hal tersebut yang membuat peneliti tertarik meneliti bagaimana manejemen redaksi dan upaya dalam mengembangkan manajemen redaksi media tersebut. Untuk mendeskripsikan bagaimana proses manajemen redaksi serta bagaimana upaya dalam pengembangan manajemen redaksi Koran Pendidikan, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subyek penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisa deskriptif kualitatif dengan tahapan analisa data model interaktif yaitu dengan reduksi data, penyajian data, pengelolaan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pada redaksi Mingguan Koran Pendidikan menunjukkan bahwa pendistribusian rencana peliputan dilakukan via email dengan struktur wewenang yang disentralisasi oleh wakil pimpinan redaksi, serta terjadi tumpang tindih peran dalam pembagian job description. Ditemukan pula bahwa selain untuk menjaga keharmonisan antar jajaran redaksi, penerapan proses pengawasan secara koordinatif bertujuan untuk menghasilkan berita sesuai dengan kaidah jurnalistik, sebagaimana yang terjabarkan dalam kajian newsroom study. Dengan demikan, dapat disimpulkan bahwa manajemen redaksi Koran Pendidikan tidak melihat dari proses pembuatan berita, tetapi dari hasil berita yang diterbitkan. Sementara itu, dalam mempertahankan eksistensinya, Koran Pendidikan memiliki upaya-upayadalam pengembangan manajemen redaksinya. Diantaranya pemilihan SDM yang berkompeten, sistem manajemen yang terkendali, suasana kerja yang terbangun, serta jalinan kerjasama yang baik dengan pihak eksternal. Berdasarkan hasil tersebut, dapat direkomendasikan kepada pihak redaksi Koran Pendidikan untuk lebih meningkatkan intensitas rapat redaksi secara tatap muka agar dapat meminimalisir hambatan komunikasi, khususnya distorsi komunikasi dalam pembagian penugasan. Disarankan pula kepada peneliti selanjutnya untuk memahami dan mengkaji tentang manajemen redaksi yang lebih beragam. Seperti pengaruhi ntensitas tatap muka saat rapat redaksi terhadap kelancaran tugas redaksi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 25 Apr 2016 03:01
Last Modified: 25 Apr 2016 03:01
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27974

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo