UMM Institutional Repository

STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMPROMOSIKAN PRODUK TELEVISI BERBAYAR (PAY TV) (Studi pada Telkom Vision cabang Blitar)

ASTUTI, SEPTINA ASRI MUJI (2012) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMPROMOSIKAN PRODUK TELEVISI BERBAYAR (PAY TV) (Studi pada Telkom Vision cabang Blitar). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-septinaasr-29457-1-pendahul-n.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-septinaasr-29457-2-bab1.pdf

Download (81kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada fenomena keberadaan televisi berbayar yang berkembang cukup pesat di daerah Blitar, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ini karena belum ada penelitian mengenai komunikasi pemasaran pada televisi berbayar. Yang menarik dalam penelitian ini adalah televisi berbayar di daerah Blitar, merupakan salah satu bentuk usaha yang masih belum begitu menggunakan media sebagai media promosi namun pemasarannya sudah cukup meluas di daerah ini. Sehingga peneliti menganggap strategi komunikasi pemasaran televisi berbayar perlu untuk diteliti. Sedangkan untuk obyek penelitiannya adalah Telkom Vision, karena Telkom Vision adalah bentuk usaha televisi berbayar yang sukses mendapatkan pelanggan di daerah Blitar. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat mengetahui strategi komunikasi pemasaran seperti apa yang ideal untuk pemasaran produk khususnya televisi berbayar. Dengan melihat latar belakang tersebut maka muncullah permasalahan bagaimana strategi komunikasi pemasaran Telkom Vision cabang Blitar dalam mempromosikan televisi berbayar (pay tv)? Dan untuk dapat menjawab rumusan masalah, maka peneliti menggunakan strategi komunikasi pemasaran sebagai metode penelitian. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Wawancara yang digunakan adalah wawancara terpimpin dimana poinpoin pertanyaan sudah dipersiapkan terlebih dahulu kepada informan serta pendukung. Informan penelitian dipilih dari pengambil keputusan dan pemimpin dari instansi itu sedangkan pendukung adalah karyawan dari instansi tersebut yang terlibat langsung dengan proses serta kegiatan pemasaran dan karena itu maka informan yang dipilih adalah Kepala Telkom Vision cabang Blitar dan pendukungnya adalah Teknisi dan salles marketing Telkom Vision cabang Blitar. Sedangkan untuk teknik keabsahan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber dengan metode analisis data lapangan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian dari strategi komunikasi pemasaran dalam mempromosikan televisi berbayar pada Telkom Vision cabang Blitar menunjukkan bahwa: (1) Sebelum strategi komunikasi pemasaran ditentukan, Telkom Vision cabang Blitar mengadakan rapat dahulu antara pimpinan dengan bawahan guna mempertimbangkan kira-kira strategi apa yang sesuai untuk daerahnya.(2) Untuk saat ini strategi komunikasi pemasaran yang dipakai oleh Telkom Vision cabang Blitar adalah komunikasi dari mulut kemulut. (3) Segmentasi pasar diperuntukkan untuk masyarakat yang berpenghasilan meskipun kenyataannya kurang begitu efektif , sehingga pada akhirnya produk ini cocok digunakan oleh semua kalangan sesuai dengan kesenangan mereka akan hiburan televisi. (4) untuk perancangan pesan yang disampaikan kepada komunikan, pimpinan selalu lebih menekankan untuk lebih kepada konsultan jiwa daripada kepada jiwa marketing sehingga pesan-pesan yang disampaikan oleh salles marketing tidak terlalu agresif untuk menawarkan produk. (5) Saluran komunikasi yang dipilih oleh Telkom Vision cabang Blitar ini adalah saluran komunikasi personal dan non – personal. (6) Pengelolaan konsumen yang dilakukan adalah after salles setiap satu bulan sekali. (7) Evaluasi untuk komunikasi pemasaran yang dilakukan setiap satu bulan sekali. (8) Bentuk-Bentuk Komunikasi pemasaran yang digunakan adalah Periklanan, Promosi penjualan dan Penjualan tatap muka. Dan berdasarkan penelitian yang peneliti lakukan maka didapatkan kesimpulan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Telkom Vision cabang Blitar sudah cukup baik, meskipun media promosi yang digunakan masih cukup sedikit, dan untuk saat ini strategi komunikasi pemasaran yang digunakan Telkom Visiom cabang Blitar adalah dari mulut ke mulut. Strategi ini dipilih untuk saat ini, karena strategi tersebut sangatlah efektif untuk mendapatkan pelanggan atau pengguna dari pada strategi komunikasi pemasaran yang lainnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 25 Apr 2016 02:54
Last Modified: 25 Apr 2016 02:54
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27968

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo