UMM Institutional Repository

DAMPAK KRISIS FINANSIAL JEPANG TERHADAP MENURUNNYA NILAI PERDAGANGAN JEPANG- INDONESIA TAHUN 2008- 2009

Handiarsi, Erni (2014) DAMPAK KRISIS FINANSIAL JEPANG TERHADAP MENURUNNYA NILAI PERDAGANGAN JEPANG- INDONESIA TAHUN 2008- 2009. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ernihandia-34643-2-babi.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ernihandia-34643-1-pendahul-n.pdf

Download (509kB) | Preview

Abstract

Pembimbing 1: Tonny Dian Effendi, M.Si, Pembimbing 2: Ayusia Sabhita K , M.Soc. SC Krisis subrime mortgage yang terjadi di AS merupakan salah satu penyebab utama terjadinya krisis finansial di Jepang, walaupun pemerintah Jepang tidak berinvestasi langsung terhadap barang terkait suprima, akan tetapi disebabkan oleh macetnya arus modal internasional, dimana investasi asing ke Jepang menurun sehingga membuat lesunyanya perekonomian Jepang. Lesunya perekonomian Jepang mengakibatkan menurunnya nilai perdagangan Jepang dengan Indonesia. Alat analisa dalam penelitian adalah teori contagion effect dan teori perdagangan Internasional. Tipe penelitian adalah eksplanatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data sekunder yang di dapat dari perpustakaan, Laboratorium HI dan Internet. Hasil dari penelitian ini adalah krisis Finansial yang terjadi di Jepang mengakibatkan menurunnya perdagangan Jepang- Indonesia karena melemahnya perekonomian Jepang dan lesunya perkonomian dunia, selain itu adanya masalah ekonomi domestik Jepang yaitu rendahnya konsumsi masyarakat karena tuntutan ekonomi masyarakat Jepang yang tinggi dan pemutusan hubungan kerja oleh perusahaan- perusahaan yang mengalami masalah di pendanaan. Kondisi tersembut membuat pemerintah Jepang mengeluarkan kebijakan untuk mengatasi masalah krisis dalam negeri dengan bailout atau suntika dana jutaan yen dan untuk terus membantu perekonomian negara-negara yang merupakan pasar produk Jepang termasuk Indonesia dan ASEAN pada umumnya, dengan melakukan beberapa kerjasama dan tetap melakukan investasi di Indonesia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of International Relations
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 25 Apr 2016 02:52
Last Modified: 25 Apr 2016 02:52
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27967

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo