UMM Institutional Repository

STRATEGI MANAJEMEN KRISIS PADA KASUS PEMBEBASAN LAHAN TERMINAL SANTAN Studi pada Divisi Policy, Government and Public Affair Chevron Indonesia Company Balikpapan

OKTAVIANTO, TEDDY (2012) STRATEGI MANAJEMEN KRISIS PADA KASUS PEMBEBASAN LAHAN TERMINAL SANTAN Studi pada Divisi Policy, Government and Public Affair Chevron Indonesia Company Balikpapan. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-teddyoktav-29460-1-pendahuu-n.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-teddyoktav-29460-2-babi.pdf

Download (42kB) | Preview

Abstract

Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah, khususnya minyak dan gas. Melihat potensi tersebut pemerintah yang diwakili oleh BPMIGAS bekerjasama dengan Chevron Indonesia Company untuk mengelolah sumber daya yang ada. Sebagai perusahaan yang bergerak dibidang bisnis minyak dan gas, Chevron Indonesia Company memiliki lahan yang luas salah satunya yang digunakan sebagai tempat pengolahan minyak dan gas yang disebut Terminal Santan di Kecamatan Marangkayu. Lahan seluas 1400Ha tidak digunakan sepenuhnya sehingga banyak masyarakat sekitar memanfaatkan tanah tersebut untuk pertanian. Pada tahun 2004, perusahaan ingin memperluas area tersebut tapi masyarakat menolak untuk pindah karena mereka mengakui tanah tersebut adalah tanah milik leluhur mereka. Kasus ini harus segera diselesaikan oleh public relations karena masalah ini akan berdampak pada operasional dan citra perusahaan. Perusahaan dituntut mengelola krisis dengan strategi manajemen krisis yang dapat mempercepat penyelesaian masalah. Berlarut – larutnya masalah karena strategi yang kurang tepat pada saat mengelola krisis. Strategi manajemen krisis menjadi penting bagi pihak manajemen perusahaan dalam menyelesaikan berbagai permasalahan dan memberikan solusi terbaik dalam kedua belah pihak. Peneliti menggunakan pendekatan secara kualitatif serta menggunakan teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara tidak terstruktur, serta dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di Chevron Indonesia Company pada bulan April 2012 sampai data yang dibutuhkan dirasa cukup. Sedangkan penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi manajemen krisis meliputi komponen yang berkaitan. Komponen tersebut melipiti sebab krisis, level krisis, mengelola krisis, komunikasi krisis, pendekatan kelompok dan penyelesaian krisis. Krisis sendiri sebagai turning point yang bisa berakibat baik atau berakibat buruk bagi perusahaan. Penyebab krisis ini tergolong pada alasan sosial. Sesuai dengan Standart Operasional Perusahaan (SOP) kasus pembebasan lahan ini merupakan kasus yang sudah mencapai level Asset Emergency Management (AEMT). Mengelola krisis seperti pada umumnya menggunakan prisip POLC (planing, organizing, leading, controling). Langkah awal mengatasi krisis dengan membentuk tim manajemen krisis. Pilihan strategi adaptif yang meliputi kompromi dan meluruskan citra juga digunakan. Selanjutnya tim manajemen krisis mencari data, membuat perencanaan, melakukan aksi dan evaluasi. Berawal dari identifikasi krisis hingga proses komunikasi krisis yang selalu dilakukan sebelum, selama dan sesudah terjadinya krisis. Komunikasi krisis dilakukan sebagai pintu arus informasi antara perusahaan dam masyarakat untuk meminimalisir terjadinya mis-komunikasi. Upaya penyelesaian yang digunakan adalah melalui pendekatan kelompok dan komunikasi persuasif. Komuniksi persuasif dilakukan oleh tim manajemen krisis pada masyarakat yang bersengketa melalui opinion leader. Pesan yang disampaikan mengenai penyelesaian masalah dengan memberikan ganti rugi pada pihak yang bersangkutan. Hasil yang dicapai dari kesepakatan negosiasi berupa seekor sapi bali bagi para penggarap yang menggunakan lahan milik perusahaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 25 Apr 2016 02:41
Last Modified: 25 Apr 2016 02:41
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27957

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo