UMM Institutional Repository

DAMPAK TERPAAN TAYANGAN (MASIH) DUNIA LAIN TERHADAP PERILAKU AUDIENCE SETELAH MENONTON TAYANGAN MISTERI

MARTHADITYA, (2012) DAMPAK TERPAAN TAYANGAN (MASIH) DUNIA LAIN TERHADAP PERILAKU AUDIENCE SETELAH MENONTON TAYANGAN MISTERI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-marthadity-29463-1-pendahul-n.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-marthadity-29463-2-babi.pdf

Download (108kB) | Preview

Abstract

"(Masih) Dunia Lain" merupakan suatu acara misteri yang memberikan informasi tentang aktifitas alam gaib bagi audience-nya. Tayangan ini merupakan tayangan yang telah ada pada 2002 yang kemudian berhenti tayang pada tahun 2004. Dan saat ini program tayangan misteri ini kembali tayang di televisi dengan nama program acara baru “(Masih) Dunia Lain”. Tayangan ini memiliki isi pesan yang ingin disampaikan kepada audience jika alam nyata dan alam gaib itu memang hidup berdampangan tanpa ada unsur saling mengganggu jika dapat saling menghargai elemen kehidupan. Program tayangan ini juga mengajakan audience untuk turut serta berpartisipasi menjadi peserta uji nyali, untuk merasakan aktifitas alam gaib ditempat-tempat yang telah ditentukan oleh tim produksi selama dua malam berturut-turut sejak pukul 12 dini hari hingga pukul 4 pagi. Apabila peserta tersebut berhasil untuk melaksanakan uji nyali untuk berada ditempat yang mengandung unsur gaib tersebut, maka peserta tersebut akan mendapatkan hadiah sebesar Rp.2.000.000,00. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana dampak terpaan tayangan misteri “(Masih) Dunia Lain” terhadap perilaku sosial audience dengan menjadikan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang Jurusan Komunikasi angkatan 2010 sebagai subyek penelitian. Untuk menentukan dampak terpaan tayangan yang dihasilkan setelah menonton tayangan misteri tersebut maka perlu diperhatikan penggunaan media oleh khalayak yang meliputi jumlah waktu yang digunakan, jenis isi media serta hubungan antara khalayak dengan isi media yang dikonsumsi atau media secara keseluruhan. Jumlah waktu meliputi frekuensi dan durasi tayangan. Yang kemudian dikaitkan dengan teori selektivitas yang meliputi; selective attention (memilih memperhatikan pesan tertentu), selective perception (memilih mempersepsi pesan tertentu), selective recall (memilih mengingat pesan tertentu), dan selective action (memilih membuat tindakan tertentu). Selanjutnya berdasarkan hasil penelitian terhadap subyek dilakukan untuk menemukan dampak terpaan tayangan setelah menonton tayangan misteri “(Masih) Dunia Lain”.Tipe penelitian yang digunakan didalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dengan menjadikan mahasiswa jurusan komunikasi kelas A Universitas Muhammadiyah Malang sebagai subyek penelitian. Teknik penentuan subyek dengan cara Puposive Sampling. Dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan survey, angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model terjalin dan interaktif dengan tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan, yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa dalam menikmati acara “(Masih) Dunia Lain”, subyek terlebih dahulu harus memiliki ketertarikan dan memiliki tingkat keberanian yang besar untuk dapat menjadikan acara tersebut sebagai suatu tayangan yang menghibura dan informatif. Sehingga dapat memahami inti dari pesan yang disampaikan melalui tayangan (Masih) Dunia Lain. Dari hasil penelitian terhadap subyek, peneliti juga menemukan subyek yang tidak dapat menerima tayangan tersebut sebagai suatu acara yang menghibur dan informatif. Hal ini dikarenakan subyek tersebut tidak memiliki ketertarikan dan tingkat keberanian yang tinggi untuk mendapat informasi tentang dunia misteri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 25 Apr 2016 02:32
Last Modified: 25 Apr 2016 02:32
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27950

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo