UMM Institutional Repository

AKTIVITAS PUBLIC RELATIONS DALAM PELAKSANAAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi pada Policy Government and Public Affair (PGPA) Chevron Indonesia Company Pasir Ridge, Balikpapan - Kalimantan Timur)

Damayanti, Angellia Fridhalus (2012) AKTIVITAS PUBLIC RELATIONS DALAM PELAKSANAAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi pada Policy Government and Public Affair (PGPA) Chevron Indonesia Company Pasir Ridge, Balikpapan - Kalimantan Timur). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-angelliafr-29464-1-pendahul-n.pdf

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-angelliafr-29464-2-babi.pdf

Download (403kB) | Preview

Abstract

Keberadaan suatu perusahaan pada suatu wilayah tertentu telah menimbulkan berbagai dampak negatif dan kesenjangan sosial dan ekonomi. Sebagai upaya menjalin hubungan baik perusahaan dengan masyarakat maka dibutuhkan suatu organisasi yang berkaitan dengan komunikasi. Permasalahan yang tengah terjadi ialah banyaknya perusahaan kecil local di sekitar daerah Chevron beroperasi tidak memiliki akses untuk berkembang dengan mayoritas masyarakat yang berpendidikan rendah menuntut untuk mendapatkan kontribusi dari berdirinya perusahaan di wilayah sekitar mereka tinggal. Oleh karena itu, tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan aktivitas Public Relations dalam pelaksanaan Corporate Social Responsibility. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian kualitatif deskriptif dan dasar penelitian yaitu naturalistik. Penelitian ini dilakukan di Chevron Indonesia Company Pasir Ridge Balikpapan. Dalam penentuan subjek penelitian, peneliti memiliki kriteria - kriteria, antara lain subjek peneliti yang masih terlibat secara aktif dalam pelaksanaan program LBD dan masyarakat lokal yang telah menjadi vendor LBD minimal satu tahun. Adapun subjek penelitian yang sesuai kriteria adalah PR Specialist, tim Community Development, Supply Chain Management (SCM), planner, user dan vendor lokal LBD. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara semi terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data, peneliti menggunakan model dari Miles dan Huberman yaitu reduksi data, display data, dan conclusing drawing. Untuk mengetahui keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian adalah aktivitas yang dilakukan PRO Chevron dalam pelaksanaan CSR yaitu melakukan hubungan eksternal dengan membuat kegiatan community relations yang berupa program Local Business Development (LBD). Dalam melakukan kegiatan community relationnya, PRO melakukan tahapan penetapan tujuan, sasaran, target, tim yang terlibat, media publikasi, faktor pendukung dan penghambat, serta evaluasi dan monitoring. Adapun saran dari hasil penelitian ini adalah PRO Chevron kiranya dapat terus mempertahankan dan meningkatkan hubungan komunikasi dua arah yang telah terjalin baik selama ini antara perusahaan dengan masyarakat lokal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 25 Apr 2016 03:31
Last Modified: 14 Mar 2018 04:17
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27949

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo