UMM Institutional Repository

PARODI DALAM IKLAN TELEPON SELULAR TELEVISI (ANALISIS RETORIS ATAS IKLAN AXIS VERSI MBAH DUKUN)

HARTANTO, DEVIA PUTRI (2012) PARODI DALAM IKLAN TELEPON SELULAR TELEVISI (ANALISIS RETORIS ATAS IKLAN AXIS VERSI MBAH DUKUN). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-deviaputri-29465-1-pendahul-n.pdf

Download (817kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-deviaputri-29465-2-babi.pdf

Download (33kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari atas maraknya iklan telepon selular yang ditayangkan melalui televisi. Menghadirkan sebuah iklan merupakan suatu strategi yang dilakukan oleh perusahaan provider selular untuk merebut perhatian dan minat konsumen agar menggunakan produk/jasa yang ditawarkan. Seperti bonus isi ulang pulsa, bonus panggilan murah, SMS dan panggilan murah, dsb. Sehingga diperlukan sebuah iklan untuk dapat mempresentasikan isi pesan berupa berbagai penawaran tersebut. Saat ini sedang maraknya iklan yang berisi tentang perang tarif antar selular, perang tarif tersebut dipersentasi secara langsung dengan cara menyindir/ menjelek-jelekan provider pesaingnya untuk dapat menarik minat konsumen. AXIS hadir dengan sajian iklannya yang berdasarkan realitas kehidupan masyarakat dan menggunakan pendekatan parodi/humor dalam menyajikan iklannya. sehingga peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana AXIS menyusun iklannya sebagai argument yang merujuk pada logika-logika tertentu untuk memberikan pembenaran pada eksekusi iklannya. Iklan merupakan sebuah pesan yang persuasif sehingga dalam mem-presentasikannya dilakukan tahap-tahap penyusunan pesan dan prinsip-prinsip persuasif yang digunakan, sehingga pesan yang disampaikan dapat menarik dan mempengaruhi orang lain. Menggunakan realitas kehidupan masyarakat yang dikemas secara parodi sebagai bentuk pendekatan dalam menyajikan sebuah iklan merupakan suatu bentuk strategi kreatif untuk dapat menarik perhatian konsumen agar menggunakan produk/ jasa nya. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif dimaksudkan untuk dapat mengemukakan gambaran produk AXIS versi mbah dukun yang dipresentasikan dalam iklan televisi. Penelitian ini meng-gunakan metode analisis retoris yang menganalisis secara deskriptif bagaimana sebuah pesan dipersentasikan secara tekstual maupun visual berdasarkan prinsip-prinsip retorika Aristoteles berupa ethos, pathos, logos dan hukum retorika (The Five Canon Of Rethoric) seperti inventio (penemuan), dispositio (penyusunan), elucutio (gaya), memoria (memori), dan pronuntiatio (penyampaian). Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk AXIS versi mbah dukun mempresentasikan iklannya berdasarkan pada prinsip-prinsip retorika berupa pathos yang dibangun oleh AXIS pada shot yang menampilkan parodi kehidupan masyarakat Indonesia, dimana emosi khalayak dibangkitkan melalui sebuah sin-diran tentang kehidupan masyarakat yang masih percaya dengan tahayul. Pada ethos yang menunjukkan suatu kredibiltas sumber ditampilkan pada shot yang menampilkan parodi ibu Negara Ani Yudhoyono. Pada pathos dibangun pada shot yang menampilkan cara yang digunakan oleh mbah dukun untuk dapat men-ggandakan pulsa, AXIS memberikan sebuah bukti logis bahwa dengan cara-cara yang tidak masuk akal tidak dapat menggandakan pulsa. Sedangkan tahap-tahap dalam penyusunan sebuah retorika inventio adalah tahap dalam menemukan bahan, dimana bahan ditemukan berdasarkan realitas kehidupan masyarakat dengan latar belakang praktek perdukunan yang masih sering dilakukan oleh masyarakat dengan tingkat pendidikan dan ekonomi menengah kebawah. Pada tahap dispositio merupakan tahap pengorganisasian pesannya dalam bentuk storyline yang telah tersusun dalam urutan deduktif berupa headline “pakai AXIS nelpon,SMS,internet hemat 24 jam!”, urutan induktif berupa subheadline “Kalau Mau Hemat Tidak Begini Caranya”. Dalam tahap spasial berdasarkan tempat yaitu target masyarakat Indonesia sehingga pesan disusun berdasarkan karakteristik masyarakat Indonesia. Pada tahap elucutio pemilihan bahasa yang oakai oleh AXIS adalah bahasa nonformal, tepat, dan jelas. Pada tahap memori AXIS menggunakan pendekatan parodi/humor yang dapat selalu diingat oleh khalayak. Berikutnya adalah tahap pronuntiatio teknik penyampaian yang men-ggunakan media massa berupa televisi dan menayangkannya melalui beberapa stasiun televisi yang target pasarnya sesuai dengan AXIS. Strategi kreatif iklan AXIS mbah dukun menggunakan pendekatan parodi dimana visualisasi iklan ini menunjukkan suatu bentuk tiruan atau imitasi yang didalamnya mengandung unsur-unsur ironi berupa sindiran/ plesetan realitas kehidupan masyarakat, dan sindiran pada provider lain yang melakukan pembodohan kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 25 Apr 2016 03:27
Last Modified: 25 Apr 2016 03:27
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27948

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo