UMM Institutional Repository

"IMPLEMENTASI RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) PAI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SMPN 13 MALANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014"

FATIMAH, SITI (2013) "IMPLEMENTASI RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) PAI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SMPN 13 MALANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014". Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sitifatima-34655-2-babi.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sitifatima-34655-1-pendahul-n.pdf

Download (419kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang masalah bahwa lembaga pendidikan Indonesia belum mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas, hal ini terjadi karena peran guru yang kurang maksimal disebabkan guru masih beranggapan, peserta didik hanya sebagai subjek oriented dan materi yang diajarkan hanya bersifat kognitif serta tanpa menekankan pada makna dan nilai, maka guru sebagai fasilitator dan sumber ilmu hendaknya membuat perencanaan pembelajaran, salah satu yang harus dibuat dan diimplementasikan oleh guru dalam pembelajaran ialah rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan impelmentasi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) PAI sebagai upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di SMPN 13 Malang Tahun Pelajaran 2013/2014. Selain itu, juga mengungkapkan tentang kompetensi guru dalam membuat rencana pelaksanaan pembelajaran lalu dikembangkan dalam bentuk dokumen rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) pada mata pelajaran PAI, kemudian mengungkapkan impelemntasi RPP PAI yang dilaksanakan oleh guru PAI di kelas dan evaluasi hasil pelaksanaan/penyajian RPP PAI di kelas yang dilakukan oleh guru PAI di SMPN 13 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subyek penelitian kepala sekolah, guru PAI itu sendiri dan peserta didik yang berada di kelas VIII G dan kelas IX C. Pemilihan SMPN 13 Malang sebagai setting penelitian didasarkan isu guru yang hendak mengajar terkadang tidak membuat dan membawa RPP ketika pembelajaran di kelas berlangsung dan didasarkan pada pengalaman PPL peneliti di SMPN 13 Malang, dimana guru PAI di SMPN 13 Malang menggunakan RPP sebagai pijakan dalam pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan melalui passif observation, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis data kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembuatan RPP PAI, guru PAI sudah memuat tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber pengajaran, dan penilaian hasil belajar. Sedangkan dalam kegiatan mengimpelentasikan RPP PAI, guru PAI pada kelas VIII G dan kelas IX C sama-sama menggunakan dan berpijak pada RPP PAI yang sudah dibuat. Kemudian pada evaluasi hasil pelaksanaan/penyajian RPP PAI, guru PAI melakukan evaluasi dan perbaikan RPP PAI yang sudah dilaksanakan dalam pembelajaran, akan tetapi hasil perbaikan tersebut akan diimplementasikan lagi pada tahun ajaran baru dengan menyesuaikan kebutuhan peserta didik pada masing-masing kelas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of International Relations
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 25 Apr 2016 03:25
Last Modified: 06 Mar 2018 02:29
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27947

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo