UMM Institutional Repository

PERSEPSI SISWA TENTANG TAYANGAN VIDEO “SEJARAH INDONESIA” DI YOU TUBE SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN (Studi pada Siswa SMA Negeri 4 Malang)

UMERTIAN, WILLYS (2012) PERSEPSI SISWA TENTANG TAYANGAN VIDEO “SEJARAH INDONESIA” DI YOU TUBE SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN (Studi pada Siswa SMA Negeri 4 Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-willysumer-29554-1-pendahul-n.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-willysumer-29554-2-babi.pdf

Download (176kB) | Preview

Abstract

Tayangan video tentang pembelajaran bidang studi sejarah yang bisa diakses oleh para siswa di you tube yang diharapkan mampu memberikan daya tarik tersendiri bagi para siswa untuk menambah wawasan sebagai bahan pembelajaran selain yang diajarkan di sekolah. Siswa di SMA Negeri 4 Malang tentunya juga memiliki persepsi sendiri mengenai tayangan video “Sejarah Indonesia” di You Tube sebagai sumber pembelajaran. Peneliti tertarik mengangkat video yang ada di youtube ini karena isi dari video tersebut adalah merupakan sumber pembelajaran, khususnya adalah mata pelajaran sejarah. Ketertarikan peneliti mengangkat tema ini karena isinya lebih lengkap untuk pelajaran sejarah Indonesia, sehingga para siswa yang menyaksikannyaakan lebih mudah memahami dan lebih mudah mengerti tentang bagaimana sejarah Indonesia diperkenalkan pada siswa. Peneliti mengambil obyek di SMA Negeri 4 Malang, dengan alasan di SMA Negeri 4 Malang tersebut termasuk salah satu SMA yang favorit dan menurut pandangan peneliti para siswa pada jaman sekarang ini memang sudah lebih kreatif dalam mengembangkan ilmu dari sekolah dengan menambahnya di luar seperti pelajaran sejarah Indonesia yang ada di You Tube tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Bagaimana persepsi siswa SMA Negeri 4 Malang terhadap tayangan video Sejarah Indonesia di You Tube sebagai sumber pembelajaran”?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahu persepsi siswa SMA Negeri 4 Malang terhadap tayangan video Sejarah Indonesia di You Tube sebagai sumber pembelajaran Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode survey yakni peneliti mengadakan observasi langsung ke tempat penelitian. Tipe penelitian yang digunakan adalah Deskriptif. Ada dua jenis data yang digunakan sebagai ukuran penelitian pada penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan dokumentasi untuk mencari data tambahan. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian jenis ini adalah statistik deskriptif yang bisa berupa tabulasi prosentase. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Persepsi siswa SMA Negeri 4 Malang tentang tayangan video “Sejarah Indonesia” di you tube sebagai sumber pembelajaran dari faktor eksternal adalah dipersepsi baik oleh siswa dengan nilai kontinum 4,2. (2) Persepsi siswa SMA Negeri 4 Malang tentang tayangan video “Sejarah Indonesia” di you tube sebagai sumber pembelajaran dari faktor internal adalah dipersepsi baik oleh para siswa dengan nilai kontinum 3,9.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 25 Apr 2016 03:21
Last Modified: 25 Apr 2016 03:21
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27945

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo