UMM Institutional Repository

HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN PEMBENTUKAN CITRA POSITIF RUMAH SAKIT Studi pada Keluarga Pasien Rawat Jalan RSUD Dr. Saiful Anwar Malang tentang Pelayanan Poliklinik

Wulan, Ratna Putri Cahyaning (2012) HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN PEMBENTUKAN CITRA POSITIF RUMAH SAKIT Studi pada Keluarga Pasien Rawat Jalan RSUD Dr. Saiful Anwar Malang tentang Pelayanan Poliklinik. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ratnaputri-29555-1-pendahul-n.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ratnaputri-29555-2-babi.pdf

Download (243kB) | Preview

Abstract

Kebutuhan masyarakat akan kesehatan yang semakin besar menuntut instansi kesehatan untuk meningkatkan kualitas pelayanannya. RSUD Dr. Saiful Anwar Malang yang merupakan instansi kesehatan milik pemerintah yang menjadi rumah sakit yang memegang peran vital dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat sekitar Kota Malang. Kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan kepada pasien dan keluarganya, dimaksudkan untuk menjalin kerjasama yang baik sehingga dapat membentuk citra yang positif. Dengan adanya kualitas pelayanan kesehatan yang baik, maka secara tidak langsung akan membawa dampak kepada citra (image) yang positif dikalangan keluarga pasien. Dengan kata lain pelayanan yang diberikan kepada publik tersebut dapat membentuk, mempertahankan, dan meningkatkan citra di rumah sakit tersebut. Dasar penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan kesehatan dengan pembentukan citra positif yang diberikan petugas poliklinik di RSUD Dr. Saiful Anwar Malang. Untuk mengetahui hal tersebut maka digunakan analisis korelasi Product Moment dan uji t. Sedangkan untuk pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan uji realibilitas. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 50 responden yang merupakan keluarga pasien yang sedang mengantar pasien rawat jalan RSUD Dr. Saiful Anwar Malang pada tanggal 2 – 20 Mei 2012, dengan pertimbangan setiap pasien rawat jalan diwakili oleh satu orang anggota keluarga yang dijadikan responden. Dalam pengumpulan data menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukan ada hubungan yang cukup kuat antara kualitas pelayanan kesehatan (variabel X) dengan pembentukan citra positif (variabel Y). Hubungan tersebut dapat dilihat dari nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,532 dengan taraf siginikansi 5%. Sedangkan arah hubungan antara kedua variabel tersebut menunjukkan arah hubungan yang positif atau searah artinya jika semakin tinggi tingkat kualitas pelayanan kesehatan pada poliklinik maka akan membentuk citra yang baik, begitu pula sebaliknya semakin rendah tingkat kualitas pelayanan yang diberikan maka citra yang terbentuk tidak baik atau bahkan memburuk. Untuk uji signifikasi korelasi dapat diterapkan dengan menghitung harga t dan diperoleh thitung 4,536 > ttabel 2,021. Sehingga dari hasil perhitungan tersebut dapat diketahui bahwa ada hubungan signifikan antara variabel X dan variabel Y. Sebagai saran dalam penelitian ini adalah bagi RSUD Dr. Saiful Anwar Malang untuk meningkatkan kualitas pelayanannya agar citra positif RSUD Dr. Saiful Anwar juga meningkat, dan bagi kalangan akademis untuk peneliti selanjutnya dapat melakukan menambah variabel-variabel kualitas pelayanan lainnya yang tidak termasuk dalam penelitian ini dan meneliti upaya-upaya Humas dalam meningkatkan kualitas pelayanan dalam membentuk citra positif perusahaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 25 Apr 2016 03:18
Last Modified: 25 Apr 2016 03:18
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27944

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo