UMM Institutional Repository

REPRESENTASI NASIONALISME DALAM IKLAN TELEVISI INSPIRASI INDONESIA KOMPAS TV

KEVIN, DONNY OLDIAN (2012) REPRESENTASI NASIONALISME DALAM IKLAN TELEVISI INSPIRASI INDONESIA KOMPAS TV. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-donnyoldia-29556-1-pendahul-n.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-donnyoldia-29556-2-babi.pdf

Download (261kB) | Preview

Abstract

Di Indonesia, jumlah stasiun televisi – baik dalam skala nasional maupun lokal – terus meningkat. Saat ini penonton memiliki belasan pilihan saluran televisi nasional, plus beberapa saluran televisi lokal yang tersedia di daerahnya. Pertumbuhan jumlah stasiun televisi ini diikuti oleh meluasnya audiens. Bila dulu televisi identik dengan media hiburan masyarakat kelas menengah ke atas, kini televisi semakin terjangkau oleh segala lapisan masyarakat di Indonesia. Pengiklan saat ini berani menganggarkan dana yang besar demi menghasilkan iklan yang berkualitas. Data Nielsen Media Research (“Perebutan”, 2006) menyebutkan, total belanja iklan televisi Indonesia sepanjang tahun 2006 sudah mencapai angka triliunan rupiah. Iklan televisi – yang dulu sekadar pengisi jeda di sela-sela penayangan program – kini sudah menjadi sebuah karya bernilai seni tinggi. Rumusan masalah dlam penelitian ini adalah Bagaimanakah nasionalisme Indonesia direpresentasikan dalam iklan Inspirasi Indonesia Kompas Tv?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui representasi nasionalisme Indonesia dalam iklan Inspirasi Indonesia Kompas Tv. Tipe penelitian yang akan digunakan disini adalah deskriptif interpretatif. Ada dua jenis sumber data dalam penelitian ini, yaitu : (1) Sumber Data Primer (2) Sumber Data Sekunder. Unit analisis dibangun berdasarkan kode televisi John Fiske dan Grammar of Film and Television. Dalam level realitas, peneliti memilih kode busana. Kode-kode berikutnya, yakni action, setting, dialog, musik, dan kamera merupakan bagian dari level representasi. Disini data ini termasuk data utama yang diperoleh secara langsung ataupun tidak langsung dalam bentuk kepingan VCD (video compact disk). Kepingan ini nantinya dicopy (ditransfer) ke dalam harddisk. Setelah dicopy di dalam harddisk, iklan lalu diputar di media player. Teknik analisis data yang digunakan adalah Data diamati berdasarkan kode televisi John Fiske didukung dengan grammar of television, diinterpretasikan dan dikategorisasikan berdasarkan kajian nasionalisme. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut: bahwa representasi nasionalisme dalam iklan inspirasi Indonesia di Kompas TV adalah direpresentasikan lewat identitas nasional dimana digambarkan dengan indahnya alamat indonesia mulai dari tanah air dan juga budaya yang tumbuh dan berkembang di Indonesia, keindahan Indonesia juga digambarkan dari bangunan mulai dari peninggalan jaman dahulu seperti candi borobudur sampai dengan pembangunan gedung-gedung pencakar langit. Solidaritas sosial yang direpresentasi kan dengan gambaran anak-anak yang berlari-lari bersama-sama, tarian-tarian, dan juga gambaran anak yang memakai baju dan tidak memakai baju. Kemandirian direpresntasikan dari bagaimana matahari itu terbit, pada waktu itulah bangsa Indonesia mulai bekerja dan pada akhirnya ditutup dengan terbenamnya matahari yang menandakan segalanya telah selesai. Wujud kemandirian itu juga tampak dari penampilan budaya yang merupakan karya asli bangsa Indonesia seperti candi borobudur dan perahu phinisi yang memang merupakan bangunan asli bangsa Indonesia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 25 Apr 2016 03:15
Last Modified: 25 Apr 2016 03:15
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27942

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo