UMM Institutional Repository

IDEOLOGI KECANTIKAN PEREMPUAN (Analisis Semiotik Pada Iklan Kecantikan Rexona Skin Light di televisi)

Tadjrin, Ahmad (2012) IDEOLOGI KECANTIKAN PEREMPUAN (Analisis Semiotik Pada Iklan Kecantikan Rexona Skin Light di televisi). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ahmadtadjr-29558-1-pendahul-n.pdf

Download (595kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ahmadtadjr-29558-2-babi.pdf

Download (135kB) | Preview

Abstract

Televisi merupakan salah satu media yang paling sering dilihat oleh masyarakat karena mengandung nilai informasi dan hiburan dengan menggabungkan unsur audio dan visual sehingga merupakan media yang tepat dalam menarik perhatian Audiens melalui iklan. Iklan merupakan suatu media yang mengarahkan perhatian audien terhadap sesuatu dan seringkali memperlihatkan kehidupan sehari-hari sebagai rujukan kehidupan yang sebenarnya agar lebih mudah masuk ke benak audiens. Dalam pembuatan iklan sendiri cenderung dijumpai bahwa perempuan lebih sering dimunculkan karena lebih menarik dalam pandangan pria dan wanita pada umumnya, dengan kata lain perempuan lebih sering dimanfaatkan sebagai objek yang menjadi daya pikat audiens. Dalam iklan Rexona Skin Light, iklan ini mengangkat tema putih sebagai tolak ukur sebuah kecantikan, namun yang lebih diangkat lebih daripada kata kecantikan itu sendiri yaitu sebuah ideologi kecantikan. Dari sinilah peneliti ingin meneliti ingin mengetahui makna dibalik ideologi kecantikan itu sendiri, karena kecantikan yang diampilkan melalui media massa melebihi realita yang terjadi pada masyarakat. Dalam teori kultivasi, media massa menjadi alat utama dimana penontonnya belajar tentang kultur lingkungannya. Media massa berperan penting dalam perubahan sosial yang terjadi pada budaya, moral dan politik. Penelitian ini menggunakan pendekatan semiotik dengan dengan tipe penelitian intepretatif. Fokus penelitian ini adalah ideologi kecantikan perempuan dalam iklan Rexona Skin. Untuk penelitian ini unit analisisnya adalah Frame yang telah dipilih yang lebih merujuk pada kecantikan yang diangkat. Teknik analisa datanya sesuai dengan semiotika Roland Barthes, bila hendak menemukan maknanya, maka yang dilakukan pertama-tama adalah data dikelompokkan sesuai dengan jenisnya masing-masing yang kemudian dianalisis berdasarkan penanda dan petanda kemudian dimaknai secara denotasi dan konotasi juga berdasarkan mitos yang berkembang dalam masyarakat yang merupakan perangkat semiotika Roland Barthes. Dari hasil peneltian yang didapatkan ditemukan bahwa ideologi wanita yang ditampilkan pada Iklan Rexona Skin Light adalah kecantikan yang dibawa oleh industri media dengan menggunakan model yang seragam yaitu kulit putih mulus, tinggi dan berambut cantik serta bertampang Indo. Yang mana membandingkan antara sosok gadis yang memiliki ketiak lebih putih dan yang lebih hitam, hal ini merupakan salah satu upaya dalam membentuk citra pada diri penikmat televisi bahwa kulit pulih lebih disukai daripada mereka yang yang berkulit lebih gelap sehingga siapapun yang memiliki warna kulit ketiak lebih putih akan mendapatkan kebahagiaan seperti wanita di iklan ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 25 Apr 2016 03:04
Last Modified: 25 Apr 2016 03:04
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27936

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo