UMM Institutional Repository

MOTIF PELAJAR SMA DALAM MENONTON TAYANGAN UYA EMANG KUYA (Studi pada pelajar SMA kelas XI SMA Negeri 5 Kediri)

Tunggadewi, Dhinta Retnaning (2012) MOTIF PELAJAR SMA DALAM MENONTON TAYANGAN UYA EMANG KUYA (Studi pada pelajar SMA kelas XI SMA Negeri 5 Kediri). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dhintaretn-29829-1-pendahul-n.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dhintaretn-29829-2-babi.pdf

Download (137kB) | Preview

Abstract

Pada masa modern sekarang ini perkembangan pertelevisian sangat pesat, banyak sekali stasiun televisi menayangkan berbagai macam tayangan dari berbagai jenis genre. Dengan berbagai macam progam yang ditawarkan masing- masing stasiun televisi, kita dapat melihat suatu progam yang hampir semua stasiun televisi menayangkan progam tersebut dan kebanyakan penonton sangat menyenangi acara tersebut adalah progam reality show. Salah satu acara reality show yang menjadi favorit penontonton pada saat ini adalah acara reality show Uya Emang Kuya. Acara Reality Show Uya emang Kuya beberapa waktu lalu menjadi pemenang dalam penganugrahan Panasonic Gobel Award kategori acara reality show favorit. Dengan penghargaan yang diraih kita dapat menyimpulkan, bahwa mayoritas penduduk Indonesia menyukai acara tersebut. Baik orang tua, remaja, maupun anak-anak. Peneliti meneliti pelajar SMA Negeri 5 Kediri sebagai subyek penelitian. SMA Negeri 5 Kediri adalah SMA negeri di Kediri yang terletak di pinggir kota Kediri jauh dari tempat-tempat keramaian sehingga televisi dijadikan sebagai salah satu sarana hiburan bagi pelajar. Berdasarkan uraian diatas peneliti ingin mengetahui motif apa yang dominan melatari pelajar SMA menonton tayangan “Uya emang Kuya”. Penelitian ini: dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini nenggunakan analisa model interaktif yang dikemukakan oleh Milles dan Haberman merupakan alat analisis yang terdiri dari tiga kompenen, yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan serta pengujian kesimpulan (drawing and veryfying conclusions), yang ketiga komponen tersebut saling berhubungan antara yang satu dengan yang lainnya. Dalam penelitian ini subjek penelitian adalah pelajar SMA Negeri 5 Kediri kelas XI. Dari hasil penelitian yang dilakukan, menurut penelitian ini, motif yang dominan melatari keputusan untuk memilih tayangan Uya emang Kuya adalah motif hiburan. Karena pada umumnya penonton merasa jenuh dengan kehidupannya, jadi mereka membutuhkan sebuah tayangan yang menarik dan lucu untuk menghibur mereka. Penonton dapat bersikap aktif dalam menonton tayangan apa saja yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Jadi penonton tidak dikendalikan oleh media, sehingga disini media cenderung pasif. Terkait dengan hal diatas, saran yang diberikan kepada audience (pelajar SMA), peneliti diharapkan memberi kontribusi berupa hasil kajian kepada audience untuk lebih selektif dalam memilih tayangan yang sesuai dengan kebutuhannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 25 Apr 2016 03:00
Last Modified: 25 Apr 2016 03:00
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27933

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo