UMM Institutional Repository

DAMPAK PENAYANGAN FILM BALIBO TERHADAP HUBUNGAN BILATERAL INDONESIA DAN AUSTRALIA PADA TAHUN 2009 - 2012

Farid, Grisqa (2013) DAMPAK PENAYANGAN FILM BALIBO TERHADAP HUBUNGAN BILATERAL INDONESIA DAN AUSTRALIA PADA TAHUN 2009 - 2012. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-grisqafari-33129-2-babi.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-grisqafari-33129-1-pendahul-n.pdf

Download (154kB) | Preview

Abstract

Balibo adalah film pertama yang dibuat di Timor Leste, yang mengungkapkan kasus tewasnya lima wartawan Australia di masa invasi tentara Indonesia di Timor Timur tahun 1975. Adegan awal film ini memuat tulisan “based on true story”. Dikatakan dalam film tersebut bahwa kelima wartawan itu tewas karena dibunuh oleh tentara Indonesia. Hal mana bertentangan dengan apa yang secara resmi telah diungkapkan pihak otorita Indonesia dan Australia. Pihak Australia mengatakan bahwa lima jurnalis tersebut sengaja dihilangkan nyawanya oleh tentara Indonesia untuk menutupi serangan Indonesia yang sudah lebih awal terjadi. Hal ini berbeda dengan pernyataan pemerintah Indonesia yang mengatakan bahwa kelima jurnalis tersebut tewas terjebak dalam baku tembak antara tentara Indonesia dan gerilyawan Fretelin. Banyak terdapat adegan yang kontroversial dalam film ini dimana jika tidak memiliki penyelesaian atau sikap yang tepat maka tidak dipungkiri akan memiliki dampak yang negatif bagi hubungan Indonesia dan Australia. Mengingat bahwa belum selesainya kasus tewasnya lima jurnalis Australia di Balibo ini, maka dengan hadirnya film tersebut dapat memperkeruh atau membuka luka lama. Skripsi ini berusaha menjawab isu yang lebih krusial yaitu bagaimana film Balibo ini berdampak terhadap hubungan bilateral antara Indonesia dan Australia Dari ulasan diatas telah disinggung bahwa dengan munculnya film Balibo dikhawatirkan dapat mengganggu hubungan kerja sama antara Indonesia dan Australia, sehubungan dengan hal diatas maka peneliti menemukan permasalahan yaitu “Dampak penanyangan film Balibo terhadap hubungan bilateral antara Indonesia dan Australia?” Mengingat perjalanan alur hubungan diplomatik antara Indonesia dan Australia yang banyak diwarnai oleh konflik dan gesekan, jika dikaitkan dengan permasalahan yang telah dibahas diatas, maka yang menjadi tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apa dampak penanyangan film Balibo terhadap hubungan bilateral antara Indonesia dan Australia Untuk itu peneliti berusaha untuk melihat dan mengambarkan dampak penanyangan film Balibo terhadap hubungan bilateral Indonesia dan Australia pada tahun 2009 – 2012. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi analatik dan jenis penelitian library research, Penelitian deskriptif pada umumnya dilakukan dengan tujuan utama, yaitu menggambarkan secara sistematis fakta dan karakteristik hubungan bilateral antara Indonesia dan Australia secara tepat baik dari segi ekonomi, hukum, politik , sosial, serta budaya. Melalui penelitian tersebut dihasilkan bahwa penayangan film Balibo tidak memiliki dampak pada hubungan bilateral antara Indonesia dan Australia, hal tersebut dikarenakan adanya isu – isu besar yang muncul seperti terorisme, ekonomi, dan militer yang membuat isu film Balibo ini menjadi tersingkirkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of International Relations
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 25 Apr 2016 02:59
Last Modified: 25 Apr 2016 02:59
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27931

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo