UMM Institutional Repository

Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Bantuan di Badan Keswadayaan Masyarakat Menggunakan Metode Analitycal Hierachy Process (Studi Kasus : BKM Kelurahan Pohjentrek)

EFFENDYK, YANUAR EKO (2013) Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Bantuan di Badan Keswadayaan Masyarakat Menggunakan Metode Analitycal Hierachy Process (Studi Kasus : BKM Kelurahan Pohjentrek). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yanuarekoe-32093-1-pendahul-.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yanuarekoe-32093-2-babi.pdf

Download (167kB) | Preview

Abstract

Kemiskinan adalah keadaan seseorang atau sekelompok orang yang tidak dapat memenuhi hajad hidupnya secara wajar. Permasalahan kemiskinan merupakan permasalahan yang sangat kompleks karena merupakan masalah multi dimensi dimana masalah internal (budaya miskin) dan masalah eksternal (ekonomi, sosial,lingkungan, politik) saling kait terkait. Melihat keadaan tersebut maka pemerintah membentuk suatu Badan Keswadayaan Masyarakat atau biasa disebut dengan BKM. BKM ini berperan sebagai wadah aspirasi dan partisipasi masyarakat pada proses pengambilan keputusan dan upaya pemberdayaan masyarakat dalam penanggulangan kemiskinan untuk memperjuangkan kebutuhan dasar, sosial, ekonomi dan sarana prasarana dasar lingkungan bagi masyarakat miskin ditingkat Desa. Dan selain itu BKM juga berfungsi sebagai pusat penggerak dan penumbuhan kembali nilai-nilai kemanusiaan, nilai-nilai kemasyarakatan dan nilai-nilai demokrasi dalam kehidupan nyata masyarakat setempat, pusat pengembangan aturan (kode etik, kode tata laku, dsb), dan sebagai pusat pengambilan keputusan dan kontrol sosial yang adil dan demokratis. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Dimana algoritma ini melakukan proses penghitungan untuk mencari keputusan yang terbaik, yaitu dengan cara menghitung nilai kriteria-kriteria dan membandingkannya dengan perhitungan dari tiap-tiap kemungkinan keputusan yang akan diambil. Aplikasi ini akan dipakai dalam menentukan warga mana yang akan diberi bantuan. Kriteria yang dipakai dalam aplikasi ini dibuat secara dinamis sehingga user dapat menentukan sendiri kriteria untuk menilai warga dengan cara menginput pada form yang telah disediakan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics (55201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 23 Apr 2016 04:11
Last Modified: 23 Apr 2016 04:11
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27906

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo