UMM Institutional Repository

PENENTUAN PENJADWALAN GURU MENGGUNAKAN ALGORITMA GENETIKA PADA SMA WIDYA GAMA MALANG BERBASIS DESKTOP

ANWAR, KHOIRUL (2013) PENENTUAN PENJADWALAN GURU MENGGUNAKAN ALGORITMA GENETIKA PADA SMA WIDYA GAMA MALANG BERBASIS DESKTOP. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-khoirulanw-32108-1-pendahul-n.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-khoirulanw-32108-2-babi.pdf

Download (31kB) | Preview

Abstract

Pada skripsi ini, penulis mengangkat judul tugas akhir “Penentuan Penjadwalan Guru Menggunakan Algoritma Genetika Pada SMA Widya Gama Malang Berbasis Desktop”. Permasalahan yang dihadapi di SMA tersebut adalah sistem penjadwalan yang masih manual, dengan hal tersebut penulis ingin membuat suatu sistem komputasi yang telah dibuat untuk dapat dipergunakan menyusun jadwal pelajaran secara otomatis. Jadwal pengajar dan mata pelajaran akan diatur untuk menghindari adanya persamaan waktu, ruang mengajar guru dan kegiatan belajar siswa. Pada aplikasi penjadwalan guru pada SMA Widyagama Malang menggunakan Algoritma Genetika ini menggunakan basis data MySql yang berfungsi sebagai media penyimpanan data atau informasi yang terkumpul, yang terdiri dari beberapa tabel yang saling berhubungan dan untuk menjembatani antara informasi yang akan dibuat dengan basis data yang ada, digunakan Netbeans 6.9. Dalam aplikasi penjadwalan guru pada SMA Widyagama Malang yang sudah dibuat, akan dihubungkan dengan database. Proses penambahan, pengeditan dan penghapusan data dapat dilakukan dalam database sistem tersebut. Hak akses untuk admin dapat memberikan username dan password agar tidak dapat digunakan sembarang user. Menu-menu yang ditampilkan dalam aplikasi tersebut untuk mengatur penjadwalan guru, mulai dari waktu, kelas, mata pelajaran supaya tidak terjadi adanya jadwal bentrok pada SMA Widyagama Malang. Hasil yang didapatkan dari Aplikasi penjadwalan guru mengajar SMA Widya Gama Malang ini adalah dapat menentukan masalah bentrok guru mengajar, dapat diterapkan pada hari senin – kamis, penghentian proses genetika ditentukan oleh jumlah iterasi yang kita tentukan dan untuk mengoptimalkan penyusunan jadwal guru mengajar SMA Widya Gama Malang dibandingkan dengan cara manual.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics (55201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 23 Apr 2016 03:34
Last Modified: 23 Apr 2016 03:34
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27887

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo