UMM Institutional Repository

“RESPON INTERNASIONAL TERHADAP KRISIS NUKLIR KOREA UTARA PADA TAHUN 2006 - 2009”

Pradipta, Rendi (2013) “RESPON INTERNASIONAL TERHADAP KRISIS NUKLIR KOREA UTARA PADA TAHUN 2006 - 2009”. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rendipradi-33769-1-pendahul-n.pdf

Download (869kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rendipradi-33769-2-babi.pdf

Download (441kB) | Preview

Abstract

Pengembangan dan uji coba senjata nuklir yang dilakukan Korea Utara telah menjadi sebuah ancaman dan isu bagi negara-negara di dunia. Pengembangan dan uji coba senjata nuklir yang dilakukan Korea Utara telah menjadi ancaman bagi stabilitas keamanan dan perdamaian di dunia khususnya di kawasan Asia Timur. Pengembangan senjata nuklir Korea Utara yang telah dilakukan sejak tahun 1965 dan terus berkembang hingga Korea Utara melakukan tindakan agresi yaitu uji coba senjata nuklirnya pada tahun 2006 dan 2009, yang menimbulkan respon dari dunia internasional. Dengan adanya krisis nuklir Korea Utara menjadikan kawasan di Asia Timur semakin kompleks dan menimbulkan konflik serta dampak ancaman di kawasan Asia Timur. Respon-respon internasional muncul dari respon PBB melalui Resolusi-resolusi DK-PBB, respon beberapa negara di dunia seperti Amerika Serikat, Rusia, Cina, Korea Selatan dan Jepang, juga munculnya respon dari ASEAN, serta terbentuknya Perundingan Segi-6. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar respon internasional terhadap krisis nuklir Korea Utara. Teori yang akan dipakai dalam penelitian ini adalah Regional Security Complex dan Konsep Collective Security. Teori dan konsep tersebut akan menjelaskan bahwa tindakan agresi Korea Utara telah menjadi ancaman bersama bagi negara-negara di dunia dan menjelaskan respon-respon internasional, serta menjelaskan kompleksnya situasi di kawasan Asia Timur yang berdampak pada situasi internasional dikarenakan krisis nuklir Korea Utara dan juga dikarenakan masuknya kekuatan luar kedalam kawasan yang menjadikan isu nuklir Korea Utara semakin kompleks. Hasil dari penelitian ini bahwa pengembangan dan uji coba nuklir yang dilakukan Korea Utara dianggap sebagai ancaman serius bagi stabilitas keamanan dan perdamaian internasional. Seluruh respon internasional tersebut menegaskan bahwa pengembangan senjata nuklir, kimia, biologis, serta penggunaannya merupakan ancaman bagi stabilitas keamanan dan perdamaian internasional. Tindakan dari respon internasional adalah mekanisme untuk mencari solusi atas masalah yang ditimbulkan dari krisis nuklir Korea Utara. Dengan semakin kuatnya respon internasional terhadap krisis nuklir Korea Utara diharapkan dapat menuntaskan krisis nuklir Korea Utara dengan solusi yang terbaik, juga akan terbentuknya pemahaman dan tindakan bersama yang tepat dari negara-negara di kawasan Asia Timur atas keamanan regional.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of International Relations
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 23 Apr 2016 02:46
Last Modified: 23 Apr 2016 02:46
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27871

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo