UMM Institutional Repository

PENGARUH NUKLIR KOREA UTARA TERHADAP PRAKARSA JEPANG DALAM PEMBENTUKAN KERJASAMA MILITER DENGAN KOREA SELATAN MELALUIGENERALSECURITY OF MILITARY INFORMATION AGREEMENT (GSOMIA)

MILAH, SAIFUL (2013) PENGARUH NUKLIR KOREA UTARA TERHADAP PRAKARSA JEPANG DALAM PEMBENTUKAN KERJASAMA MILITER DENGAN KOREA SELATAN MELALUIGENERALSECURITY OF MILITARY INFORMATION AGREEMENT (GSOMIA). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-saifulmila-33770-1-pendahul-n.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-saifulmila-33770-2-babi.pdf

Download (260kB) | Preview

Abstract

pembimbing I.Ruli Inayah R, M.Si. Pembimbing II Hevy Kurnia Hardini, M.Gov Permasalahan krisis nuklir di Semenanjung Korea telah mempengaruhi pola interaksi antar negara dikawasan Asia Timur dan mempengaruhi stabilitas politik internasional, hal ini terlihat dari aksi profokativ Korea Utara dengan percobaan senjata nuklir yang akhirnya memicu reaksi Jepang dengan membentuk aliansi dengan Korea Selatan dalam Gsomia, penelitian ini memfokuskan diri pada tujuan Jepang untuk membentuk Gsomia dengan Korea Selatan. Penelitian ini menggunakan mettode penelitian eksplanative dengan data-data kwalitatif dan study pustaka yang dihimpun dari berbagai data baik dari sumber buku maupun internet yang dapat dipercaya mengenai reabilitasnya. Penelitian ini menggunakan level analisis Negara dengan unit analisis Negara dan unit eksplanasi kelompok Negara. Adapun teori yang digunakan untuk menjelaskan tujuan atau motivasi Jepang membentuk Gsomia adalah Security Dillema dan Balance of Power. Adapun hasil penelitian ini adalah tujuan Jepang dalam membentuk aliansi dengan Korea selatan adalah untuk mengimbangi kekuatan Korea Utara yang memiliki senjata nuklir yang sewaktu waktu dapat menjadi ancaman bagi Jepang, adapun hal itu terbentuk karena Jepang memandang Korea Utara sebagai ancaman yang dapat mengancam kepentingan nasional Jepang ditengah ketidak mampuan Jepang untuk mengembangkan militernya secara mandiri karena terikat dalam payung keamanan amerika serikat seperti yang tertuang dalam konstitusi Jepang pasal 9 yang mengatakan bahwa Jepang hanya boleh memiliki militer sebatas pengamanan nasional serta melarang segala bentuk upaya untuk mengembangkan senjata nuklir maupun ancaman senjata nuklir.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of International Relations (64201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 23 Apr 2016 02:43
Last Modified: 23 Apr 2016 02:43
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27869

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo