UMM Institutional Repository

PERBANDINGAN PELAKSANAAN CSR UNILEVER PADA UK SEBAGAI HOME COUNTRY DAN INDONESIA SEBAGAI HOST COUNTRY

HAJUDA, RIZKA (2013) PERBANDINGAN PELAKSANAAN CSR UNILEVER PADA UK SEBAGAI HOME COUNTRY DAN INDONESIA SEBAGAI HOST COUNTRY. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rizkahajud-33772-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rizkahajud-33772-2-babi.pdf

Download (98kB) | Preview

Abstract

Pembimbing I : Dyah Estu. K, M.Si Pembimbing II : Dra. Tutik Sulistyowati, M.Si Penelitian ini mencoba mendeskripsikan pelaksanaan CSR (Corporate Social Responsibility) yang dijalankan oleh Unilever UK sebagai home country dan Unilever Indonesia sebagai host country. Unilever merupakan MNC yang telah beroperasi selama puluhan tahun di berbagai negara di dunia.MNC adalah perusahaan yang kegiatan bisnisnya bersifat internasional dan lokasi produksinya terletak di beberapa negara. Bagi MNC, pelaksanaan CSR digunakan untuk memastikan operasional perusahaan di berbagai negara menguntungkan kedua belah pihak, menciptakan win-win situation bagi negara asal MNC dan negara tujuan. CSR merupakan konsep yang terus berkembang, konsep ini berangkat dari pemikiran Adam Smith mengenai invisible hand, dimana sebuah perusahaan tidak hanya berbisnis demi kepentingannya atau self interest tetapi bagaimana perusahaan bergerak dengan mengedepankan kebutuhan masyarakat. Pelaksanaan CSR Unilever dijalankan sesuai dengan prinsip keberlanjutan, yang kemudian ditetapkan dalam konsep Unilever Sustainable Living Plan (USLP) pada tahun 2010. Konsep USLP menetapkan sejumlah target pada tahun 2020, diantaranya adalah melipatgandakan keuntungan sembari menggunakan secara keseluruhan bahan mentah dari sumber-sumber yang lestari. Dalam rangka mencapai target tersebut, seluruh aspek perusahaan dijalankan secara maksimal, termasuk juga dalam hal pelaksanaan CSR. Pelaksanaan CSR Unilever di kedua negara tersebut akan dianalisa melalui sudut pandang liberalis, dimana perusahaan menjalankan CSR sebagai bagian dari kewajiban terhadap stakeholders, bersamaan dengan tujuan untuk meningkatkan laba. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Pelaksanaan CSR Unilever di UK dan Indonesia mempunyai sejumlah persamaan dan perbedaan. Persamaan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah pada prinsip sustainabilty, fokus pada pemberdayaan perempuan dan anak-anak dari kalangan miskin, dan pengembangan pertanian berkelanjutan. Perbedaan pelaksanaan CSR Unilever di kedua negara adalah tidak diaturnya CSR dalam hukum UK, sementara di Indonesia hal tersebut diatur dalam Undang-Undang Perseroan Terbatas; beberapa program CSR Unilever UK dilaksanakan di dalam negeri, namun lebih banyak yang dijalankan di berbagai penjuru dunia, sementara seluruh program CSR Unilever Indonesia dilaksanakan di wilayah Indonesia; pelaksanaan program dijalankan secara nasional oleh Unilever UK, sementara di Indonesia program dijalankan melalui unit-unit terkecil dalam masyarakat, seperti Posyandu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of International Relations
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 23 Apr 2016 02:39
Last Modified: 23 Apr 2016 02:39
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27865

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo