UMM Institutional Repository

ANALISA RESPON KOREA SELATAN TERHADAP PEMBOMAN PULAU YEONPYEONG OLEH KOREA UTARA

Mustikasari, (2013) ANALISA RESPON KOREA SELATAN TERHADAP PEMBOMAN PULAU YEONPYEONG OLEH KOREA UTARA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mustikasar-32645-1-pendahul-n.pdf

Download (710kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mustikasar-32645-2-babi.pdf

Download (456kB) | Preview

Abstract

Pembimbing I : Tonny Dian Effendi, M.Si, Pembimbing II: Ruli Inayah Ramadhoan, M.Si Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui rasionalitas dari Korea Selatan dalam merespon serangan dari Korea Utara dipulau Yeonpyeong. Metode penelitian yang digunakan adalah eksplanatif karena bertujuan untuk menganalisa pilihan kebijakan Korea Selatan, yang membalas serangan dari Korea Utara dengan level serangan yang lebih kecil. Penelitian ini menggunakan pendekatan Realisme, Teori Decision Making Process dengan (model Aktor Rasional) dari Graham T. Allison dimana inti dari teori ini yaitu negara mengambil keputusan dengan memaksimalkan hasil yang ingin dicapai, yang merupakan hasil dari pemikaran rasional para pengambil kebijakannya, Konsep Deterrence menurut David Ziegler yaitu bagaimana kita dapat mempengaruhi pikiran atau psikologis lawan agar tidak melakukan tindakan lebih jauh lagi, dan Kalkulasi Serangan digunakan dalam penelitian ini sebagai pengukur besar kecil serangan mapun balasan serangan yang dilakukan oleh Korea Selatan-Korea Utara. Sedangkan Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi pustaka dan literatur. Hasil penelitian ini menemukan bahwa Korea Selatan memilih untuk membalas serangan dengan level serangan yang lebih kecil sebagai tindakan paling tepat pada saat itu, diikuti dengan latihan militer gabungan yang digelar setelah peristiwa saling serang tersebut terjadi. Hal ini merupakan rangkaian balasan yang diambil oleh Korea Utara sebagai bentuk rasionalitas serta deterrence agar Korea Utara tidak melakukan tindakan penyerangan kembali, serta cara ini merupakan bentuk agar mencegah terjadinya perang lebih besar antara keduanya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of International Relations
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 22 Apr 2016 11:42
Last Modified: 22 Apr 2016 11:42
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27828

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo