UMM Institutional Repository

KELEMAHAN LIGA ARAB SEBAGAI ORGANISASI REGIONAL DALAM MENANGANI KONFLIK-KONFLIK DI TIMUR TENGAH

Pratama, Wisnu Ario Windra (2013) KELEMAHAN LIGA ARAB SEBAGAI ORGANISASI REGIONAL DALAM MENANGANI KONFLIK-KONFLIK DI TIMUR TENGAH. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-wisnuariow-31455-1-pendahul-n.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-wisnuariow-31455-2-babi.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Pembimbing I: Ruli Inayah Ramadhoan, M.Si. Pembimbing II: Ayusia Sabhita Kusuma, M.Soc.Sc. Liga Arab adalah organisasi regional di wilayah Timur Tengah. Wilayah ini memiliki intensitas konflik yang sangat sering terjadi, terlebih sejak tahun 1967 hingga tahun 2011. Konflik yang terjadi di wilayah ini bukan hanya melibatkan aktor di dalam kawasan Timur Tengah saja, tetapi melibatkan pihak luar kawasan atau intrusive system di dalamnya. Dengan intensitas konflik yang sering terjadi di kawasan Timur Tengah ini, mengindikasikan bahwa peran Liga Arab sebagai organisasi regional di kawasan ini lemah. Kelemahan Liga Arab ini tentu saja disebabkan oleh faktor-faktor tertentu. Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan konsep regionalisme, konsep organisasi internasional, dan konsep intrusive system. Adapun hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang melemahkan Liga Arab berasal dari factor internal dan eksternal organisasi ini. Faktor internal yang melemahkan Liga Arab berasal dari aspek institutional, aspek konstitusional, dan aspek kelemahan politik Liga Arab sendiri. Sedangkan factor eksternal yang melemahkan Liga Arab berasal dari berbagai permasalahan dan perbedaan yang ada di kawasan Timur Tengah, seperti konflik etnis, budaya, sosial, ideologi keagamaan, ideologi politik, sumber daya alam, permasalahan perbatasan, permasalahan perlombaan senjata, serta terbentuknya organsiasi-organisasi lain yang serupa dengan Liga Arab. Selain itu, masuknya intrusive system kedalam dinamika politik Liga Arab, semakin menambah lemahnya Liga Arab dalam perannya sebagai organisasi regional wilayah Timur Tengah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of International Relations (64201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 22 Apr 2016 10:22
Last Modified: 22 Apr 2016 10:22
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27810

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo