UMM Institutional Repository

Pengaruh Pemberitaan CNN terhadap Legitimasi Masyarakat Atas Kebijakan A.S dalam Invasi Irak Tahun 2003

Purbasari, Tri Jayanthi (2013) Pengaruh Pemberitaan CNN terhadap Legitimasi Masyarakat Atas Kebijakan A.S dalam Invasi Irak Tahun 2003. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-trijayanth-31459-1-pendahul-n.pdf

Download (954kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-trijayanth-31459-2-babi.pdf

Download (289kB) | Preview

Abstract

Pembimbing I: Ruli Inayah Ramadhoan.,M.Si ; Pembimbing II : Drs. Abdullah Masmuh, M.Si Media massa di Amerika Serikat merupakan sesuatu yang penting, ini terlihat dari dimana sepanjang hari setiap orang menghabiskan lebih banyak berhubungan dengan media untuk mendapat informasi melalui berita. Berita merupakan informasi yang menarik perhatian masyarakat untuk mengikutinya. CNN sebagai aternatif pertama yang dicari penonton setiap kali ada kisah atau peristiwa internasional terbaru yang penting diketahui. Berita-berita tentang Irak sepanjang 2002 merupakan informasi yang menarik perhatian masyarakat AS. Berita-berita ini digunakan untuk mempengaruhi opini publik tentang Irak dan membuat dukungan atas kebijakan Invasi Irak, yang membuat kebijakan terlegitimasi atas dasar dukungan rakyat Amerika, ditandai dengan invasi pada 19 maret 2003. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, dengan teori Agenda setting yang merupakan pendorong masyarakat untuk mempertimbangkan isu. Konsep framing yang merupakan proses konstruksi agar peristiwa dapat menyentuh publik. Opini publik yang merupakan pandangan publik terhadap suatu isu, dan legitimasi yang merupakan derajad dari opini publik yang mendukung kebijakan. Hasil penelitian ini terbukti bahwa berita-berita Irak yang ada dalam CNN (Cable News Network)terhadap legitimasi masyarakat Amerika dapat dilihat pada tingkat dukungan masyarakat atas kebijakan invasi Irak, dan sebagian besar masyarakat yang mendukung mengikuti berita berkaitan dengan Irak dengan media CNN sebagai sumber beritanya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of International Relations
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 22 Apr 2016 10:12
Last Modified: 22 Apr 2016 10:12
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27804

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo