UMM Institutional Repository

TWO-LEVEL GAMES JERMAN DALAM MERESPON RENCANA BAILOUT UNI EROPA KE YUNANI

Mala, Sulistyo Khoirul (2013) TWO-LEVEL GAMES JERMAN DALAM MERESPON RENCANA BAILOUT UNI EROPA KE YUNANI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sulistyokh-31561-1-pendahul-n.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sulistyokh-31561-2-bab1.pdf

Download (227kB) | Preview

Abstract

Dosen Pembimbing I: Dyah Estu K., M.Si ; Dosen Pembimbing II: Widya Yutanti, M.A. Jerman merupakan salah satu negara penggagas berdirinya Uni Eropa (UE) yang pada awalnya berbasis pada kerjasama ekonomi politik. Saat ini UE sedang mengalami krisis yang berwal dari krisis Yunani. Krisis Yunani ini dianggap mengancam integrasi UE karena telah meluas ke negara-negara UE lainnya. Untuk mengatasi krisis itu, pemimpin UE berniat untuk melakukan bailout pada Yunani. Pada awalnya, Jerman tidak menyetujui rencana bailout UE ke Yunani itu karena penolakan dari dalam negerinya. Namun akhirnya Jerman menyetujui rencana itu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, dengan menggunakan two-level game theory yang menjelaskan bahwa dalam proses pengambilan keputusan ada dua level negosiasi yang terjadi, yaitu negosiasi level I (internasional) dan level II(domestik). Dalam two-level game theory juga menjelaskan tentang win-set yang memegang peranan besar dalam proses ratifikasi suatu perjanjian. Besar kecilnya win-set ini nantinya akan menetukan diratifkasi atau tidaknya suatu perjanjian yang telah dibuat pada level I. Peneliti juga menggunakan konsep bailout untuk menjelaskan bantuan yang diberikan UE untuk mengatasi krisis di Yunani. Hasil penelitian ini, yaitu dalam proses pengambilan keputusan mengenai masalah bailout tidak langsung keluar begitu saja. Ada negosiasi yang terjadi antara pemerintah dengan level I (internasional) dan level II (domestik)hingga akhirnya Jerman menyetujui rencana bailout UE ke Yunani. Pemberian bailout tersebut bertujuan untuk mengatasi krisis Yunani dan menyelamatkan UE dari dampak krisis yang lebih buruk lagi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of International Relationship
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 22 Apr 2016 10:03
Last Modified: 22 Apr 2016 10:03
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27798

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo