UMM Institutional Repository

PENDETEKSI PERGERAKAN MANUSIA MENGGUNAKAN KAMERA KINECT DENGAN FITUR KEDALAMAN

Atmaja, Rezha Tri (2014) PENDETEKSI PERGERAKAN MANUSIA MENGGUNAKAN KAMERA KINECT DENGAN FITUR KEDALAMAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rezhatriat-34337-2-bab1.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rezhatriat-34337-1-pendahul-n.pdf

Download (342kB) | Preview

Abstract

Pendeteksi pergerakan manusia sangat erat hubungannya dengan ilmu teknologi bidang visi komputer yang mempunyai kemampuan untuk melihat dan mengenali suatu citra.Dimana teknologi ini dapat digunakansebagai kamera pengawasan untuk peningkatan keamananan dari tempat yang tidak berpenjaga. Proses pendeteksian manusia menggunakan visi komputer bertujuan melakukan pengenalan dan menangkap informasi dari suatu lingkungan yang diawasi oleh kameraserta melakukan pengamatan aktivitas pada objek yang bergerak. Proses pendeteksian pergerakan manusia tersebutmenggunakankamera dan data kedalaman yang didapatkan dari kinect sensor. Jika terdapat beberapa aktifitas dari pergerakkan manusia maka akan terjadi pemisahan gerakkan tersebut dengan latar belakangnya, dengan mengubah gambar dari citra RGB menjadi citra keabuaan dan diperhalus dengan citra biner. Proses analisa pergerakkan aktivitas berupa pelacakan terhadap objek dengan melalui beberapa tahap yaitu pemisahan antara objek dan lingkungan sekitarnya dengan menggunakan metode, background substraction,thresholding dan melakukan tracking untuk melacak keberadaan serta aktivitas pergerakkan objek yang digambarkan pada peta tracking. Setelah melalui pengerjaan terhadap pendeteksian pergerakkan manusia melalui software Visual Studio 2010, dan beberapa library pendukung yang terdapat pada OpenNI dan OpenCV, maka dapat disimpulkan pada saat dilakukan pengujian pada lintasan 1, didapatkan nilai akurasinya sebesar 71% dari 56 titik , dimana 40 titik yang sesuai, dan 16 titik yang tidak sesuai, dan pengujian pada lintasan 2, didapatkan nilai akurasinya sebesar 73% dari 56 titik , dimana 41 titik yang sesuai, dan 15 titik yang tidak sesuai.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics (55201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 22 Apr 2016 07:08
Last Modified: 22 Apr 2016 07:08
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27727

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo