UMM Institutional Repository

BUSANA, FASHION DAN IDENTITAS MUSLIMAH KONTEMPORER Studi Interpretatif Fashion pada Komunitas Hijabers Malang

RAHMANISARI, DINI (2012) BUSANA, FASHION DAN IDENTITAS MUSLIMAH KONTEMPORER Studi Interpretatif Fashion pada Komunitas Hijabers Malang. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dinirahman-29888-1-pendahul-n.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dinirahman-29888-2-babi.pdf

Download (311kB) | Preview

Abstract

Pakaian merupakan kebutuhan primer setiap manusia. Ketelanjangan suku asmat pun masih dapat disebut ‘berpakaian’ dalam konteks adat dan kebudayaan mereka. Seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi, pakaian bukan lagi menjadi kebutuhan primer. Inovasi yang berkolaborasi dengan etika dan kelas sosial telah menciptakan berbagai gaya berpakaian yang sesuai. kesesuaian berpakaian bagi setiap individu bersifat relatif. Seseorang dalam kelas sosial yang tinggi membutuhkan pakaian yang dapat mengkomunikasikan kelas sosialnya, hingga muncullah fashion. Gemerlap fashion hampir tidak menyentuh perempuan muslimah sebelum Komunitas Hijabers marak mempublikasikan diri di berbagai media. Hingga pada Jakarta FashionWeek (JFW) sejumlah perancang melahirkan 48 karya bagi perempuan berhijab. Aksesoris pendukung gaya berhijab pun hadir dengan menggandeng artis ibukota yang juga berhijab. Serentak muslimah pun terhipnotis dengan gaya hidup hedonis. Fokus penelitian ini menuju kepada Komunitas Hijabers Malang. Komunitas tersebut menarik bagi peneliti karena eksistensinya di berbagai media menimbulkan pro dan kontra di kalangan masyarakat, khususnya di Kota Malang. Dengan menggunakan analisis semiotika fashion, peneliti bermaksud membedah elemen-elemen fashion pada Komunitas Hijabers Malang untuk mengetahui motif yang ada dibalik visualisasi dari komunitas tersebut. Subjek penelitian merupakan anggota komunitas Hijabers Malang yang diwakili oleh President of Hijabers Malang Community, beserta Public Relation, Information System, dan Tausyiah Team. Untuk menjaga akurasi data, subjek penelitian ditentukan langsung oleh President komunitas dengan memilih anggota komite yang berhubungan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumenter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Komunitas Hijabers Malang tidak mengingkari telah menggunakan fashion sebagai sarana untuk berdakwah. Gaya berpakaian santai dan colorful yang mereka kenakan memang sedikit banyak menimbulkan transformasi sosial di kalangan muslimah, yang awalnya tidak berjilbab dan tidak mengenal islam menjadi muslimah yang sesuai syariat. Namun mereka mengaku bukan fashionlah tujuan utama mereka, melainkan berdakwah dan melakukan berbagai kegiatan sosial, selain juga untuk menghilangkan persepsi “sekumpulan perempuan hedonis”. Anggota komunitas ini secara tidak tertulis telah terikat ‘kontrak’ batin terhadap konsekuensi berjilbab. Karena bagi mereka, jilbab bukanlah aksesoris bisa di lepas dan pakai sesukanya, berhijab adalah komitmen muslimah terhadap Allah. Seperti yang ditetapkan menjadi slogan di blog mereka, bahwa “Hijab is our identity, our right, and our choice”.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 22 Apr 2016 04:54
Last Modified: 22 Apr 2016 04:54
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27712

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo