UMM Institutional Repository

MANAJEMEN PRODUKSI BERITA PADA MEDIA ONLINE KOMUNITAS (Studi Pada Majalah Elektronik Wowmagz Kota Malang)

Winarno, Dody Wahyu (2012) MANAJEMEN PRODUKSI BERITA PADA MEDIA ONLINE KOMUNITAS (Studi Pada Majalah Elektronik Wowmagz Kota Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dodywahyuw-30148-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dodywahyuw-30148-2-babi.pdf

Download (163kB) | Preview

Abstract

Media massa di era modern seperti sekarang ini telah mengalami banyak sekali perkembangan yang signifikan. Dari mulai pertama kali, yang hanya berupa kertas dengan cara penulisan berita yang masih menggunakan tangan sampai dengan munculnya media baru seperti internet, dimana berita – beritanya dikemas melalui tampilan yang sangat atraktif, maka saat ini, ada media yang menggabungkan unsur cetak dengan internet, yaitu majalah elektronik atau e-magz. Pada majalah elektronik ada sesuatu yang unik dan berbeda untuk diperhatikan, mulai dari adanya fitur music background saat kita membuka halaman per halaman, video tutorial tentang sebuah karya design, multi bahasa, atraktif dan animatif yang dikemas menjadi satu media. Selain itu, majalah elektronik di kota malang masih sangat jarang, sejauh ini hanya terdapat 2 e-magz saja, Wowmagz dan Embrosyst. Sehingga, peneliti ingin mengetahui bagaimana produksi dari sebuah media online komunitas, dalam hal ini majalah elektronik Wowmagz. Penggunaan konsep planning, actuating, organizing, dan controlling (POAC) dalam penelitian ini dinilai sangat penting untuk melihat bagaimana pembuatan sebuah majalah elektronik mulai dari perencanaan ide hingga memeriksa hasil jadi keseluruhan produksi, sebelum dipublikasikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dimana berangkat dari permasalahan utama, bagaimana majalah elektronik, dalam hal ini, Wowmagz sebagai media online memproduksi berita – beritanya.Subyek penelitian yang dipilih berjumlah sebelas orang dari masing – masing bagian atau posisinya di Wowmagz, dengan menggunakan teknik snowball sampling. Penelitian dilakukan di kantor atau base camp Wowmagz di Malang dengan pengumpulan data melalui wawancara tak berstruktur dan dokumentasi. Data yang berhasil diperoleh menunjukkan, bahwa di setiap edisi Wowmagz selalu ada planning, yaitu proses open submission hingga seleksi karya yang masuk, dimana Denny selaku pemilik Wowmagz dibantu oleh Tri bertanggung jawab penuh dalam proses tersebut. Setelah itu di organisir (organizing) siapa – siapa yang akan mengisi halaman per halaman sesuai dengan job description-nya, mulai layout (Ivan dan Tony), translator (Nindya), artikel (Ihsan), event dari beberapa daerah yang berhasil didapatkan kontributor, seperti Jakarta (Hariz), Yogyakarta (Yani) dan Bali (Edharu). Apabila semuanya telah siap, proses selanjutnya segera melakukan tindakan (action)sesuai porsinya masing – masing, layouter mulai membuat design sesuai dengan tema, translator mulai mengerjakan terjemahan karya yang masuk dari luar negeri, kontributor melakukan pencarian artikel sesuai dengan tempat mereka bertugas. Selain menyeleksi karya – karya yang masuk, Denny juga melakukan kontrol (controlling)terhadap segala kegiatan produksi yang sedang berlangsung, jika sesuai dengan tema dasar, maka segera dilakukan finishing untuk di publish ke semua orang. Kesimpulan yang berhasil didapatkan, pada majalah Wowmagz, proses produksinya dimulai dari submission karya – karya para designer, dengan tema yang sudah ditentukan sebelumnya, setelah itu dilakukan seleksi. Pemilihan guest artist dan local artist, artikel, translate (mengingat wowmagz adalah majalah dengan format dwi bahasa), sampai penambahan music background menghiasi proses – proses selanjutnya, sehingga nantinya dapat dikombinasikan dengan layout yang telah selesai dikerjakan. Sebelum dipublikasikan, hasil dari keseluruhan proses – proses tersebut dimasukkan kedalam adobe flash agar tampilan majalah lebih animatif. Akhirnya majalah siap untuk di upload ke website resminya, www.wowmagz.com untuk di download oleh semua masyarakat. Sebagai saran, semoga penelitian ini dapat memberikan referensi kepada semua kalangan tentang manajemen produksi sebuah majalah elektronik sekaligus pengetahuan, bahwa dunia jurnalistik tidak hanya sebatas cetak, televisi, radio dan internet saja, tetapi terdapat sebuah media yang mampu mengkombinasikan elemen - elemen tersebut menjadi satu, yaitu majalah elektronik atau e-magz.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 22 Apr 2016 04:51
Last Modified: 22 Apr 2016 04:51
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27711

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo