UMM Institutional Repository

REALITAS PEREMPUAN DALAM FILM INDONESIA (Analisis Wacana Film Ca Bau Kan dan Berbagi Suami Karya Nia Dinata)

Kelnis C, Ilvit (2012) REALITAS PEREMPUAN DALAM FILM INDONESIA (Analisis Wacana Film Ca Bau Kan dan Berbagi Suami Karya Nia Dinata). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ilvitkelni-30149-1-pendahul-n.pdf

Download (850kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ilvitkelni-30149-2-babi.pdf

Download (280kB) | Preview

Abstract

Perempuan dalam film-film di Indonesia selalu digambarkan sebagai yang kedua dan termarjinalkan. Sekalipun beberapa film diantaranya berusaha untuk merubah pandangan tersebut, seperti halnya film Ca Bau Kan dan Berbagi Suami yang disutradarai oleh Nia Dinata. Realitas yang di konsepkan tentunya menjadi cerita yang menarik dari film Ca Bau Kan dan juga Berbagi Suami sehingga masyarakat rela mengeluarkan rupiah untuk menonton. Tetapi apakah realitas yang disuguhkan itu memang benar-benar terjadi dimasyarakat atau hanyalah imajinasi belaka, dimana perempuan menjadi objek seni yang selalu menguntungkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana realitas perempuan dalam film Ca Bau Kan dan Berbagi Suami karya Nia Dinata. Dengan tujuan untuk mengetahui beberapa hal, yaitu: bagimana Nia Dinata membangun realitas perempuan tersebut, apakah realitas perempuan yang dibangun ini sengaja diproduksi demi keuntungan pribadi, atau memang Nia Dinata benar berusaha merubah cara pandang masyarakat Indonesia terhadap perempuan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kritis kualitatif dengan metode analisis wacana secara konstruktif untuk membedah dan mengeksplorasikan mengenai realitas perempuan dalam film Ca Bau Kan dan Berbagi Suami. Dengan menggunakan teknik analisis data milik Teun A. Van Dijk tentang kognisi sosial sebagai data utama dalam mengenal realitas perempuan dalam film Ca Bau Kan dan Berbagi Suami kemudian akan dibedah dengan teori psikoanalisis milik Lacan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa realitas perempuan dalam film Ca Bau Kan dan Berbagi Suami karya Nia Dinata ini hanyalah sebatas wacana dalam layar, dimana realitas yang disuguhkan hanyalah imajinasi yang telah di konsep sedemikian rupa, sehingga jika ditela’ah lebih jauh lagi terkesan tidak logis. Walaupun Nia Dinata mungkin benar berusaha merubah cara pandang masyarakat terhadap perempuan dengan pesan moral dalam setiap kisah difilmnya ini. Dengan Nia Dinata yang menjabat tiga jobdesk sekaligus, sudah tentu ideologi dominan adalah milik Nia sendiri dengan obsesi dan ambisi yang besar dalam melahirkan film Ca Bau Kan dan Berbagi Suami. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, dengan realitas perempuan yang selalu lemah, cengeng, bodoh, perempuan sebagai objek seksual, perempuan yang memiliki batasan dalam setiap bidang pekerjaan, perempuan yang mau menjadi simpanan karena uang, perempuan yang tidak punya hak untuk mengemukakan pendapat dan berpikir, perempuan harus bisa memberikan keturunan, ataupun perempuan yang rela dipoligami. Pada dasarnya realitas perempuan yang diangkat dalam film ini memang benar sering terjadi di masyarakat, tetapi dengan terus menampilkan sosok perempuan sebagai “the second sex” dimasyarakat, tentunya secara tidak sadar membuat masyarakat terus berpikir bahwa memang benar perempuan itu hanyalah mahluk yang lemah. Karena stereotipe terhadap perempuan merupakan peyebab perempuan itu tertindas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 22 Apr 2016 04:48
Last Modified: 22 Apr 2016 04:48
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27710

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo