UMM Institutional Repository

PESAN MORAL DALAM FILM INDONESIA (Analisis Isi pada Film Catatan Harian Si Boy Karya Putrama Tuta)

Amalia, Nia Rosalita (2012) PESAN MORAL DALAM FILM INDONESIA (Analisis Isi pada Film Catatan Harian Si Boy Karya Putrama Tuta). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-niarosalit-30151-1-pendahul-n.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-niarosalit-30151-2-babi.pdf

Download (395kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan analisa data pada film Catatan Harian Si Boy karya Putrama Tuta yang telah dilakukan pada bab sebelumnya peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa: 1. Pesan Moral dilihat dari Moral Sosial dalam film Catatan Harian Si Boy ini terdapat 32 kali dari total keseluruhan pesan Moral yang muncul. Yang masing-masing dapat dirinci sebagai berikut: a. Cara Berperilaku sebanyak 17 kali b. Cara Bertutur Kata sebanyak 15 kali 2. Pesan Moral dari segi Moral Hukum Negara , dalam film Catatan Harian Si Boy ini frekuensi kemunculannya sebanyak 4 kali dari total pesan cinta yang muncul, yang masing-masing dapat dijelaskan sebagai berikut: a. Kewajiban Dalam Bernegara sebanyak 1 kali b. Peraturan Negara sebanyak 3 kali 3. Pesan Moral dari segi Moral Ketuhanan, dalam film Catatan Harian Si Boy ini frekuensi kemunculannya sebanyak 4 dari total pesan cinta yang muncul, yang masing-masing dapat dijelaskan sebagai berikut: a. Peraturan Dalam agama sebanyak 1 kali b. Kewajiban Sebagai Warga Negara sebanyak 3 kali 4. Seperti keberadaan film Catatan Harian Si Boy karya Putrama Tuta yang membawa kedominan nya dalam menyampaikan pesan moral di dalamnya yang dapat membentuk dan mempengaruhi kehidupan penontonnya. 5. Gambaran pesan moral yang dominan dalam film Catatan Harian Si Boy karya Putrama Tuta juga mengingatkan peneliti pada ayat a-qurÂ’an bahwa "Jiwa serta penyempurnaannya (ciptaannya), maka Allah mengilhamkan kepada jiwa itu (jalan) kefasikan dan ketaqwaannya, sesungguhnya beruntunglah orang yang menyucikan jiwa itu, dan sesungguhnya merugilah orang yang mengotorinya." (asy-Syams: 7-10). 6. Dengan ini tujuan peneliti unutk mengungkap frekuensi pesan moral yang terdapat dalam film Catatan Harian Si Boy karya Putrama Tuta telah tercapai dengan data terlampir.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 22 Apr 2016 04:43
Last Modified: 22 Apr 2016 04:43
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27708

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo