UMM Institutional Repository

EFEKTIFITAS FACEBOOK SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN BISNIS ONLINE (Studi pada Pelanggan Onlineshop Butik Jilbabers)

Halim, Abdul (2012) EFEKTIFITAS FACEBOOK SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN BISNIS ONLINE (Studi pada Pelanggan Onlineshop Butik Jilbabers). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-abdulhalim-30173-1-pendahul-n.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-abdulhalim-30173-2-babi.pdf

Download (160kB) | Preview

Abstract

Facebook merupakan salah satu situs jejaring sosial terpopuler di dunia, yang diluncurkan pertama kali pada tanggal 4 Februari 2004 oleh Mark Zuckerberg, seorang programer komputer yang handal di Universitas Harvard. Meskipun Facebook merupakan situs jejaring sosial namun keberadaannya yang mampu menarik perhatian sebagian masyarakat dunia, menjadikan Facebook dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk digunakan sebagai media pemasaran bisnis online. Onlineshop ataupun toko online mendapat sambutan baik dari para pengguna Facebook. Hal ini ditunjukkan dari rata-rata pengguna Facebook yang memiliki lebih dari satu teman onlineshop di akun Facebooknya. Butik Jilbabers merupakan salah satu onlineshop yang memanfaatkan situs jejaring sosial Facebook sebagai media komunikasi pemasarannya. Saat ini Butik Jilbabers memiliki lebih dari 10.000 teman di akun Facebooknya. Adapun tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini, yaitu untuk mengetahui efektifitas Facebook sebagai media e-marketing bisnis online jika dilihat dari perspektif pelanggan Butik Jilbabers. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, yaitu metode penelitian yang digunakan untuk meneliti obyek yang alamiah, dimana peneliti adalah instrumen kunci. Tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam (in-depth interview) terhadap 7 informan yang merupakan pelanggan onlineshop Butik Jilbabers yang ditentukan melalui teknik purposive sampling. Persamaan dari semua informan adalah perempuan yang pernah melakukan komunikasi dengan Butik Jilbabers secara online di Facebook. Analisis data bersifat induktif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Hasil studi menunjukkan bahwa Facebook bisa menjadi media komunikasi marketing bisnis online yang sangat efektif jika dilihat dari perspektif pelanggan Butik Jilbabers. Hal ini dikarenakan saat ini Facebook menjadi situs yang paling sering dikunjungi di Indonesia dan itu berarti peluang pemasar (Butik Jilbabers) untuk menjangkau pasar yang lebih luas melalui Facebook sangat besar. Terbukti Butik Jilbabers yang baru sekitar satu tahun berdiri telah memiliki lebih dari 10.000 teman di akun Facebooknya. Selain itu, berbeda dengan website ataupun blog yang dalam penggunaannya pemasar dikenakan biaya, Facebook menawarkan banyak sekali fitur yang hampir semua dapat dimanfaatkan secara gratis. Ditambah lagi biaya pengiriman barang pada sistem jual beli melalui Facebook dibebankan kepada pembeli sehingga pemasar dapat meminimalkan biaya, dengan kata lain pemasar dapat mengoptimalkan laba. Terbukti dari pendapatan bersih Butik Jilbabers saat ini yang mencapai Rp 5 juta perbulannya. Berbeda dengan website, dab blog, Facebook memungkinkan pemasar untuk melakukan segmentasi pasar yaitu dengan memilih dan memilah pengguna Facebook mana yang dapat dijadikan pasar sasarannya (teman di akun Facebook pemasar), sehingga pemasaran yang dilakukan lebih tepat sasaran. Selain itu berbeda dengan website dan blog yang menunggu untuk dikunjungi¸ Facebook juga memungkinkan pemasar untuk aktif mengunjungi pelanggannya, sehingga interaksi antara pemasar dan pasar dapat terus terjaga. Dengan kata lain pemasar dapat menyampaikan informasi mengenai produk dan penawarannya secara terus menerus, dan dari penyampaian informasi ini pemasar mampu membuat pelanggannya (teman pemasar di akun Facebooknya) berminat dan menginginkan produknya dan kemudian melakukan tindakan pembelian.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 22 Apr 2016 03:10
Last Modified: 22 Apr 2016 03:10
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27702

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo