UMM Institutional Repository

“PENGARUH MOTIVASI KERJA KARYAWAN TERHADAP INTENSITAS KOMUNIKASI VERTIKAL DALAM PERUSAHAAN” (Studi Pada Karyawan PT Indomarco Prismatama Malang)

Novianti, Heni Tri (2012) “PENGARUH MOTIVASI KERJA KARYAWAN TERHADAP INTENSITAS KOMUNIKASI VERTIKAL DALAM PERUSAHAAN” (Studi Pada Karyawan PT Indomarco Prismatama Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-henitrinov-30201-1-pendahul-n.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-henitrinov-30201-2-babi.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Dalam sebuah organisasi proses komunikasi timbul dari adanya kebutuhan anggota untuk saling mempengaruhi di dalam kehidupan bermasyarakat guna mencapai hasil tertentu. Komunikasi efektif penting pada setiap tingkatan di dalam organisasi untuk memastikan organisasi itu berfungsi untuk mencapai sasaran. Komunikasi yang baik menjadikan suatu organisasi dapat berjalan lancar dan berhasil. Kemampuan berkomunikasi menunjukkan keberhasilan seseorang dalam mengirim pesan-pesan secara jelas, manusiawi, dan efisien. Kemampuan tersebut juga diwujudkan melalui penerimaan pesan-pesan yang dikirimkan secara akurat. Sebab komunikasi yang baik akan menimbulkan saling pengertian dan kenyamanan dalam bekerja. Sehingga untuk menggerakkan manusia yang terlibat didalamnya agar sesuai dengan yang dikehendaki organisasi, maka haruslah dipahami motivasi manusia yang bekerja di dalam organisasi tersebut, karena motivasi inilah yang menentukan perilaku orang-orang bekerja, atau dengan kata lain perilaku merupakan cerminan yang paling sederhana dari motivasi. Peneliti menggunakan tipe penelitian asosiatif, yaitu penelitian yang menanyakan hubungan antara dua variabel atau lebih. Dan dasar penelitian ini adalah survai, dimana sampel diambil dari suatu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data pokok. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT Indomarco Prismatama yang berada di gerai Indomaret Kota Malang. Dengan pendekatan cluster, sampel diambil melalui dua tahap, pertama menentukan sampel daerah kemudian menentukan orang-orang yang berada di daerah tersebut untuk menjadi sampel. Sehingga ditetapkan sebanyak 31 responden yang terdapat pada satu area supervisor sebagai sampel penelitian. Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antar variabel digunakan rumus uji F, sedangkan untuk menguji hipotesis digunakan uji determinasi (R2). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa nilai F hitung sebesar 22,613 sedangkan F table pada taraf signifikansi 5% menunjukkan nilai sebesar 4,183. Karena F hitung lebih besar dari F table terbukti ada pengaruh signifikan antara motivasi kerja karyawan terhadap komunikasi perusahaan, sehingga Ho ditolak dan Hi diterima. Berdasarkan koefisien determinasi R2 = 0,438 artinya 43,8% komunikasi vertikal dipengaruhi motivasi kerja karyawan. Sedangkan sisanya 56,2% dipengaruhi faktor lainnya. Dan dari hasil perhitungan koefisien korelasi didapat nilai sebesar 0,662 yang berarti hubungan antar motivasi kerja karyawan dengan komunikasi vertikal, dalam kategori kuat dan bersifat positif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 22 Apr 2016 02:56
Last Modified: 22 Apr 2016 02:56
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27697

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo