UMM Institutional Repository

PENGGUNAAN BLACKBERRY MESSENGER (BBM) SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN DI KALANGAN MAHASISWA (Studi pada Mahasiswa Pelaku Bisnis Online Pengguna Blackberry di Kota Malang

PRATIWI, YULIA DWI ENDAH (2012) PENGGUNAAN BLACKBERRY MESSENGER (BBM) SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN DI KALANGAN MAHASISWA (Studi pada Mahasiswa Pelaku Bisnis Online Pengguna Blackberry di Kota Malang. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yuliadwien-30203-1-pendahul-n.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yuliadwien-30203-2-babipdf.pdf

Download (425kB) | Preview

Abstract

Blackberry Messenger (BBM) merupakan fitur andalan yang diusung Blackberry sebagai fitur chatting bagi sesama penggunanya. Antara pengguna satu dengan lainnya akan saling terhubung melalui nomor PIN yang tersedia. Selain fitur chatting, BBM juga memiliki fitur grup, dimana fitur ini banyak dimanfaatkan sebagai media bisnis online khususnya kalangan Mahasiswa. Peneliti tertarik untuk mengkaji penggunaan BBM di kalangan Mahasiswa sebagai media bisnis online. Peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Informan penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan syarat informan yakni, mahasiswa di kota Malang pengguna BBM yang aktif berjualan online. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisa deskriptif kualitatif dengan tahapan analisa data model interaktif yaitu dengan reduksi data, penyajian data, pengelolaan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pada grup online shop di kalangan Mahasiswa ini menunjukkan bahwa penggunaan Blackberry Messenger dalam bisnis online ini dilakukan melalui fitur group dan beberapa menggunakan media jejaring sosial lainnya. Ditemukan pula bahwa sejak menggunakan BBM, dirasakan peningkatan dalam omzet penjualan. Teknik pemasaran dilakukan dengan cara menampilkan gambar produk yang dijual melalui display picture dalam status BBM. Sementara itu, dalam upaya membangun kepercayaan, para pelaku bisnis online melakukannya dengan menampilkan beberapa testimonial customer atas kepuasan barang yang dibeli. Juga, dengan memberikan penjelasan detail terkait bahan dan ukuran produk. Berdasarkan hasil tersebut, dapat direkomendasikan kepada peneliti selanjutnya untuk memahami dan mengkaji tentang penggunaan Blackberry Messenger (BBM) yang lebih beragam dengan ide-ide yang lebih baru. Seperti, efektivitas penggunaan BBM sebagai media bisnis online. Disarankan pula kepada pelaku bisnis online untuk selalu memberikan kualitas yang baik dalam produknya sehingga kepercayaan customer tetap terjaga sebagai upaya pemasaran bisnisnya. Sedangkan bagi para calon pembeli online, diharapkan untuk tetap berhati-hati dan waspada dalam memilih grup bisnis online untuk meminimalisir menjadi korban penipuan yang marak dalam bisnis online.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 22 Apr 2016 02:49
Last Modified: 22 Apr 2016 02:49
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27695

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo