UMM Institutional Repository

APRESIASI AKTIVIS POLITIK TERAHADAP BUPATI JOMBANG SEBAGAI KOMUNIKATOR POLITIK (Studi pada Aktivis Politik Pendengar Dialog Interaktif Warung Pojok Kebonrojo di Desa Bareng)

Asmara, Stivani Erdha (2012) APRESIASI AKTIVIS POLITIK TERAHADAP BUPATI JOMBANG SEBAGAI KOMUNIKATOR POLITIK (Studi pada Aktivis Politik Pendengar Dialog Interaktif Warung Pojok Kebonrojo di Desa Bareng). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-stivanierd-30220-1-pendahul-n.pdf

Download (704kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-stivanierd-30220-2-babi.pdf

Download (322kB) | Preview

Abstract

Dialog Interaktif Warung Pojok Kebonrojo merupakan salah satu program unggulan Humas Pemkab Jombang. Acara ini merupakan salah satu media komunikasi yang ada di Kota Jombang, dan disiarkan oleh beberapa stasiun radio di Kota Jombang. Dialog Interaktif Warung Pojok Kebonrojo menyajikan tentang kegiatan atau isu yang berkembang di Kota Jombang. Tujuan dari program acara ini sebagai media pengaduan masyarakat dan media informasi-komunikasi timbal-balik Pemkab Jombang dengan masyarakatnya. Narasumber dalam acara ini langsung dibawah naungan Bupati dan Wakil bupati Jombang. Dengan adanya program Dialog Interaktif Warung Pojok Kebonrojo membuat frekuensi interaktif antara masyarakat dengan pemerintah khususnya Bupati dan Wakil Bupati semakin sering. Semakin seringnya dialog antara masyarkat dan pemerintah dapat menjadi keuntungan dari pemerintah itu sendiri jika masyarakat memberikan penilaian positif dan mendukung program pemerintah dalam acara tersebut, namun akan menjadi sebuah boomerang saat penilaian dan penafsiran masyarakat negative terhadap acara tersebut terlebih saat berdialog antara Bupati dan masyarakat kurang bisa diterima karena saat berdialog secara langsung akan terlihat kredibilitas Bupati dalam memberikan materi tersebut. Maka peneliti ingin meneliti tentang apresiasi aktivis politik terhadap bupati Jombang sebagai komunikator politik “Studi pada aktivis politik pendengar Dialog Interaktif Warung Pojok Kebonrojo di Desa Bareng” . Tipe yang digunakan pada penelitian ini adalah tipe kualitatif deskriptif. Pada tipe penelitian ini peneliti mencoba mendeskripsikan atau menganalisis fenomena yang tidak bergantung pada pengukuran variable. Untuk memeperoleh subjek penelitian menggunakan purposive sampling yang berdasar pada pengambilan sumber data dengan maksud atau pertimbangan tertentu, yaitu pada seseorang yang dianggap mengetahui informasi secara mendalam. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa apresiasi aktivis politik terhadap bupati Jombang sebagai komunikator politik adalah memiliki kredibilitas yaitu berwibawa, penguasaan bahasasa yang mempersuasif, mudah dipahami dan berfariasi, mempunyai etika yang bagus dalam pemilihan bahasa, dan penguasaan materi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 22 Apr 2016 02:44
Last Modified: 22 Apr 2016 02:44
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27694

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo