UMM Institutional Repository

Representasi Buruh dalam Rubrik Foto Pekan Ini (Analisis Semiotik Foto Dokumenter “Los, Ruang Cita Rasa Kelas Atas” karya Raditya Mahendra Yasa KOMPAS edisi 7 Agustus 2011)

Hidayat, Aris Novia (2012) Representasi Buruh dalam Rubrik Foto Pekan Ini (Analisis Semiotik Foto Dokumenter “Los, Ruang Cita Rasa Kelas Atas” karya Raditya Mahendra Yasa KOMPAS edisi 7 Agustus 2011). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-arisnoviah-30221-1-pendahul-n.pdf

Download (602kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-arisnoviah-30221-2-babi.pdf

Download (271kB) | Preview

Abstract

Foto dokumenter “Los, Ruang Cita Rasa Kelas Atas” karya Raditya Mahendra Yasa merupakan karya fotografi tentang fenomena buruh di tempat penampungan tembakau. Permasalahan buruh masih menjadi sebuah polemik yang belum terselesaikan. Buruh sebagai bagian dari masyarakat negara masih sering mendapatkan perlakuan yang tidak sepadan dengan apa yang dilakukannya. Dari sinilah peneliti ingin mengetahui makna dari representasi buruh dalam karya foto Raditya Mahendra tersebut. Foto merupakan sebuah representasi sempurna dari realitas. Representasi bisa berarti proses perubahan konsep-konsep ideologi yang abstrak dalam bentuk-bentuk yang kongkrit, Representasi juga mewakili atau melambangkan, memperlihatkan sebuah citra, gambaran, dan penampilan dramatis. Stratifikasi sosial merupakan suatu tingkatan lapisan kelas sosial dalam masyarakat. Kelas sosial terbagi atas tiga unsur yaitu masyarakat kaya, sedang, dan miskin. Dalam perspektif Marxis kemunculan kapitalisme salah satunya menyebabkan adanya lapisan sosial dalam masyarakat. Dan seiring dengan perkembangan jaman, kapitalisme bukan hanya dipandang sebagai sebuah sistem produksi pasar akan tetapi kekuatan atau tenaga buruh juga menjadi komoditi yang diperjualbelikan dipasar seperti objek pertukaran lainnya. Jadi representasi buruh yang terdapat dalam rubrik Foto Pekan Ini KOMPAS edisi 7 Agustus 2011 merupakan gambaran buruh dari sebuah pemaknaan. Penelitian ini menggunakan metode Semiotik dengan tipe intepretatif, yaitu cara untuk mengemukakan gambaran dan pemahaman mengenai bagaimana dan mengapa suatu gejala atau realitas komunikasi terjadi, dengan menggunakan perspektif konstruktivis. Berpedoman pada signifikasi dua tahap Roland Barthes dengan melalui pemaknaan denotasi dan konotasi (mitos). Metode intepretasi foto dengan pendekatan Barthes pada akhirnya ditujukan untuk mencari pesan-pesan simbolik atau ideologis dari foto itu sendiri. Fokus penelitian ini adalah representasi buruh dalam foto dokumenter “Los, Ruang Cita Rasa Kelas Atas “ karya Raditya Mahendra Yasa. Sedangkan ruang lingkupnya adalah keseluruhan dari foto dokumenter Los, Ruang Cita Rasa Kelas Atas dalam rubrik Foto Pekan Ini KOMPAS edisi 7 Agustus 2011, sejumlah 6 (enam) foto. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan pada foto dokumenter “Los Ruang Cita Rasa Kelas Atas” karya Raditya Mahendra Yasa yang diterbitkan KOMPAS dalam rubrik Foto Pekan Ini menunjukkan bahwa buruh direpresentasikan sebagai golongan masyarakat kelas bawah yang kesejahteraannya kurang diperhatikan. Bahkan tenaga mereka sering dieksploitasi oleh para pemilik modal. Selain itu dalam foto ini juga menunjukkan adanya sebuah diskriminasi terhadap buruh yang dipengaruhi oleh status gender. Dalam foto ini buruh berusaha keras untuk bertahan dari tekanan-tekanan para pemilik modal, serta tetap menjalani pekerjaan mereka sesuai dengan apa yang di perintahkan. Hal ini ditunjukkan dengan hasil tembakau olahan mereka yang masih menjadi pilihan bagi orang-orang kaya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 22 Apr 2016 02:41
Last Modified: 22 Apr 2016 02:41
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27693

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo