UMM Institutional Repository

BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN HOTEL UMM INN (Studi pada Marketing Officer UMM Inn, Divisi Corporate Marketing)

LIANTARI, BERTY PUSPITA (2012) BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN HOTEL UMM INN (Studi pada Marketing Officer UMM Inn, Divisi Corporate Marketing). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-bertypuspi-30224-1-pendahul-n.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-bertypuspi-30224-2-babi.pdf

Download (110kB) | Preview

Abstract

UMM Inn diresmikan oleh Bupati Malang, Sujud Pribadi merupakan salah satu penginapan dengan konsep awal sebagai pengadaan akomodasi untuk kalangan universitas. Seiring dengan perkembangannya, UMM Inn berkembang menjadi Hotel pendidikan yang bertujuan untuk penyediaan fasilitias pendukung pendidikan di kota Malang yang dikelola secara professional. Oleh karena itu UMM Inn mulai berbenah untuk meningkatkan kualitasnya dengan menerapkan komunikasi pemasaran yang baik. Komunikasi pemasaran merupakan usaha untuk menyampaikan pesan kepada publik terutama konsumen sasaran mengenai keberadaan produk di pasar. Maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana konsep perencanaan kegiatan mix marketing communication yang dilakukan oleh divisi corporate marketing UMM Inn?. Penelitian ini mengacu pada konsep bauran komunikasi pemasaran yang didalamnya mencakup program-program komunikasi pemasaran yaitu periklanan, penjualan tatap muka, promosi penjualan, hubungan masyarakat dan publisitas, serta pemasaran langsung. Iklan merupakan bentuk presentasi dan promosi non personal yang memerlukan biaya untuk mempromosikan ide, barang atau jasa melalui sponsor. Penjualan tatap muka merupakan hubungan langsung dengan pelanggan untuk mendapatkan tanggapan sesegera mungkin. Promosi penjualan adalah bentuk penawaran jangka pendek kepada pelanggan untuk memperoleh respon spesifik dan segera. Humas merupakan hubungan baik dengan public internal dan eksternal untuk membangun citra baik perusahaan. Pemasaran langsung adalah satu-satunya alat promosi yang digunakan untuk berkomunikasi dengan konsumen potensial secara langsung. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian diskriptif. Lokasi penelitian ini di Hotel UMM Inn yang dilakukan pada bulan Januari – Mei 2012. Penelitian ini mengunakan dua informan yang berjabat sebagai manager marketing dan marketing UMM Inn. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah semua data terkumpul maka peneliti menggunakan analisa domain dalam pengolahan data. Pelaksanaan teknik keabsahan data didasarkan oleh sejumlah kriteria yaitu derajat kepercayaan, keteralihan, kebergantungan dan kepastian. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa UMM Inn telah melakukan bauran komunikasi pemasaran. UMM Inn memaksimalkan kinerja marketingnya dengan mix marketing communication yang terdiri dari kegiatan berupa advertising, direct marketing, sales promotion, publicity dan public relation serta personal selling. Kegiatan mix marketing ini dilakukan dengan berbagai cara seperti memasang iklan di media elektronik dan media cetak. Pemasaran langsung yang menggunakan metode words to words, telemarketing dan surat menyurat. Promosi penjualan yang dilakukan dengan cara memberikan reward, diskon product, voucher dinner. Publisitas dan public relations yaitu strategi dengan cara menyebarkan berita-berita komersial yang penting mengenai Hotel UMM Inn, sedangkan personal selling yaitu strategi dengan cara penyajian lisan dalam pembicaraan dengan satu atau beberapa pembeli potensial dengan tujuan untuk melakukan pemasaran terdiri atas produk, harga dan pelayanan. Teknik persuasi yg dilakukan marketing UMM Inn ini bertujuan untuk mempengaruhi sikap dan preferensi konsumen akan produk hotel yang ditawarkan. Saran yang dapat diberikan adalah jika UMM Inn terus meningkatkan komunikasi pemasaran, baik di pihak internal (komunikasi antar karyawan) maupun komunikasi pemasaran dari sisi eksternal (penambahan intensitas promosi dan periklanan) agar UMM Inn dapat dikenal lebih luas di seluruh Indonesia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 22 Apr 2016 02:07
Last Modified: 22 Apr 2016 02:08
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27690

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo