UMM Institutional Repository

THE IMPLEMENTATION OF STAD USED BY THE ENGLISH TEACHER IN TEACHING GRAMMAR AT SMKN 1 KEPANJEN

MONICA, OLIVIA (2014) THE IMPLEMENTATION OF STAD USED BY THE ENGLISH TEACHER IN TEACHING GRAMMAR AT SMKN 1 KEPANJEN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-oliviamoni-34193-1-pendahul-n.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-oliviamoni-34193-2-chapteri.pdf

Download (132kB) | Preview

Abstract

STAD (Students Team Achievement Divisions) adalah salah satu tipe dari metode cooperative learning yang membagi siswa ke dalam grup-grup kecil yang terdiri dari siswa-siswa yang memiliki perbedaan kemampuan belajar, jenis kelamin, and etnik. Para siswa dalam grup yang sama akan saling membantu dalam menguasai materi dan itu akan memotivasi siswa selama proses belajar berlangsung. Tujuan dari studi ini adalah mendeskripsikan implementasi dari STAD yang diterapkan dalam pengajaran grammar oleh seorang guru di SMKN 1 Kepanjen dan juga untuk mengetahui pendapat siswa mengenai pengimplementasian STAD tersebut dalam mengajar grammar. Rancangan penelitian yang digunakan dalam studi ini berupa deskriptif kualitatif karna penilitian ini mendeskipsikan implementasi dari STAD yang diterapkan dalam pengajaran grammar oleh seorang guru di kelas 10 jurusan Rekayasa Perangkat Lunak 1 di SMKN 1 Kepanjen dan juga untuk mengetahui pendapat siswa mengenai pengimplementasian STAD tersebut dalam mengajar grammar. Peneliti menggunakan tiga instrument berupa interview guideline, observation check list, dan questioner. Objek penilitian studi ini adalah guru bahasa inggris dan siswa kelas 10 jurusan Rekayasa Perangkat Lunak 1 di SMKN 1 Kepanjen. Peneliti menemukan bahwa guru menerapkan Students Team Achievement Division (STAD) dalam mengajar grammar di SMKN 1 Kepanjen dimulai dengan menyiapkan tiga persiapan. Tiga persiapan itu berupa menyiapkan materi tentang English grammar, menentukan nilai dasar siswa yang diambil dari nilai UTS siswa sebelumnya, dan membagi siswa kedalam beberapa grup yang terdiri dari empat siswa yang memiliki perbedaan kemampuan belajar yang dilihat dari nilai dasar yang telah ditentukan. Kemudian guru menerapkan STAD dalam mengajar grammar menggunakan empat komponen dari penerapan STAD, yaitu: kelas presentasi dimana guru menjelaskan materi grammar terlebih dahulu, menentukan nilai akhir individu siswa yang di jumlahkan dari peningkatan nilai yang diperoleh dari nilai dasar ke nilai setelah presentasi, dan guru mengumumkan grup persentasi terbaik berdasarkan akumulasi dari setiap peningkatan nilai yang diperoleh setiap anggota group. Guru tidak menilai nilai individual siswa dengan menggunakan tes tapi dinilai berdasarkan kemampuan siswa selama presentasi. Peneliti juga menemukan bahwa siswa menikamati dan termotivasi dalam belajar grammar menggunakan STAD, ini di buktikan dengan siswa memberikan respon positif pada pengimplementasian STAD oleh guru dalam mengajar grammar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of English Language Education
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 21 Apr 2016 04:41
Last Modified: 21 Apr 2016 04:41
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27644

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo