UMM Institutional Repository

KONSTRUKSI PEMBERITAAN TENTANG AREMA INDONESIAN SUPER LEAGUE PADA HARIAN MALANG POST Analisis Wacana Pada Harian Malang Post Edisi 2 & 6 Februari 2012

Noviandita, Dendy (2012) KONSTRUKSI PEMBERITAAN TENTANG AREMA INDONESIAN SUPER LEAGUE PADA HARIAN MALANG POST Analisis Wacana Pada Harian Malang Post Edisi 2 & 6 Februari 2012. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dendynovia-28769-1-pendahul-n.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dendynovia-28769-2-babi.pdf

Download (64kB) | Preview

Abstract

Pada musim 2011-2012 kompetisi liga Indonesia terbagi menjadi dua yaitu adanya Indonesian Premiere League (IPL) dan Indonesian Super League (ISL). Fenomena ini pula mengakibatkan terjadinya dualisme klub. Dualisme juga dialami Arema, kini ada dua Arema yaitu Arema IPL dan Arema ISL. Pada pemberitaan diharian Malang Post terdapat kecenderungan dominasi penampilan berita mengenai Arema ISL. Baik dari segi penempatan halaman, maupun gambar Arema ISL jauh lebih besar porsinya dari pada Arema IPL. Kemampuan media mengkonstruksi berita yang ditampilkan, menjadikan media memiliki kekuatan dalam membentuk figur maupun citra seseorang atau suatu lembaga tertentu kepada masyarakat. Begitu pula upaya Malang Post dalam mengkonstruksi berita mengenai Arema ISL. Maka dari itu dalam penelitian ini berusaha untuk mengetahui bagaimana konstruksi pemberitaan tentang Arema ISL pada harian Malang Post edisi 2 & 6 Februari 2012. Dan tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana konstruksi pemberitaan tentang Arema ISL pada harian Malang Post edisi 2 & 6 Februari 2012. Pada perusahaan media proses pengemasan pesan, pemilihan sebuah simbol-simbol dalam memuat beritanya tentu akan membentuk sebuah gambaran atau image pada objek pemberitaanya. Dalam kontrusksi sebuah berita bahasa merupakan unsur utama dan menjadi instrument pokok untuk menceritakan suatu realitas. Dalam penelitian ini paradigma kritis digunakan untuk membongkar aspek-aspek yang tersembunyi di balik teks. Begitu pula dengan apa yang dilakukan harian Malang Post dalam mengkonstruksi pemberitaan Arema ISL. Penelitian tentang kontruksi pemberitaan tentang Arema Indonesian Super League ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan analisa wacana kritis guna mengkaji fenomena sosial yang ada. Pengumpulan data diolah dengan hasil analisis teks dan wawancara mendalam yang dilaksanakan secara bertahap, dengan maksud memperoleh informasi secara jelas dan sistematis guna memenuhi kriteria analisa wacana kritis milik Norman Fairclough. Teknik analisa data dilakukan dengan cara menganalisis teks atau deskripsi yang kemudian dimasukkan kedalam tabel-tabel berdasarkan unsur representasi, relasi dan identitas. Terbentuknya sebuah teks perlu dikaji dengan analisis praktik wacana yang memfokuskan perhatian pada bagaimana proses produksi teks dibuat, dan analisis praktik sosial budaya yang memandang bahwa konteks sosial diluar media mempengaruhi bagaimana wacana yang muncul dalam media. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat ditemui beberapa faktor dalam kontruksi pemberitaan mengenai Arema Indonesia Super League pada edisi 2 & 6 Februari 2012. Peran Malang Post sebagai media partner dan pimred Malang Post yang juga menjabat manajer di Arema ISL, merupakan faktor kuat terjadinya kontruksi yang dilakukan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 21 Apr 2016 03:31
Last Modified: 21 Apr 2016 03:31
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27609

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo