UMM Institutional Repository

REPRESENTASI PANDANGAN DUNIA PENGARANG PADA NOVEL LANANG KARYA YONATHAN RAHARDJO DALAM PERSPEKTIF SOSIOLOGI SASTRA

ASMARA, DELTA RATIH (2014) REPRESENTASI PANDANGAN DUNIA PENGARANG PADA NOVEL LANANG KARYA YONATHAN RAHARDJO DALAM PERSPEKTIF SOSIOLOGI SASTRA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-deltaratih-34162-2-bab1.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-deltaratih-34162-1-pendahul-n.pdf

Download (878kB) | Preview

Abstract

Pembimbing: (1) Dr. Sugiarti, M.Si (2) Purwati Anggraini, S.S., M.Hum. Representasi Pandangan dunia adalah ekspresi teoritis yang mewakili suatu kelas sosial pada saat karya sastra diciptakan dan para pengarang, filsuf, dan seniman yang menampilkannya. Pandangan dunia pengarang akan dapat terungkap melalui tokoh dan warna cerita yang dituangkan dalam novel, tokoh itu sendiri adalah tokoh yang mempunyai masalah yang berhadapan dengan kondisi sosial yang ada. Pandangan dunia yang ditampilkan pengarang lewat tokoh dan isi ceritanya merupakan suatu struktur global yang bermakna. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dalam prespektif sosiologi sastra. Sumber data dalam penelitian ini adalah teks novel Lanang dan keterangan tentang pengarang (Yonathan Rahardjo). Sumber data berisi deskripsi tentang pengaruh latar belakang, sumber ekonomi, ideologi Yonathan Rahardjo yang mempengaruhi latar belakang, sumber ekonomi, ideologi dalam novel Lanang . Pengumpulan data dilakukan dengan membaca sumber data dan peneliti berperan sebagai instrument (human instrument). Peneliti melakukan identifikasi, klasifikasi, dan kodifikasi data berdasarkan permasalahan yang dikaji. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan studi kepustakaan. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan menyeleksi, mengklasifikasi, menafsirkan, dan memaknai data kemudian mengambil kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan, Pertama adanya pengaruh latar belakang sosial budaya pengarang terhadap latar belakang sosial budaya dalam novel Lanang mencakup (1) pengaruh latar belakang pendidikan pengarang, (2) pengaruh latar belakang keluarga, (3) pengaruh latar belakang sosial pengarang, dan (4) pengaruh latar belakang budaya pengarang. Kedua adanya pengaruh sumber ekonomi yakni pekerjaan pengarang terhadap sumber ekonomi tokoh dalam novel Lanang mencakup (1) pengaruh pekerjaan pengarang sebagai dokter hewan praktik, (2) pengaruh pekerjaan pengarang sebagai technical service dan medical representative, dan (3) pengaruh pekerjaan pengarang sebagai wartawan. Ketiga pengaruh ideologi pengarang terhadap ideologi mencakup pandangannya terhadap (1) konsep hubungan antar manusia, (2) konsep hubungan dengan lingkungan, dan (3) Konsep Tuhan Saran yang dapat disimpulkan berdasarkan kesimpulan tersebut, yakni (1) bagi pembaca dapat menjadikan wahana untuk lebih memahami dan mengapresiasi karya sastra dan tambahan pengetahuan menegenai bentuk kajian sosiologi sastra dalam sebuah novel,(2) bagi penikmat sastra dapat dijadikan sarana mengembangkan sikap kritis, (3) para guru SMP dan SMA/MA/SMK, disarankan dapat memanfaatkan hasil penelitian ini sebagai referensi dalam pengembangan bahan ajar. Khususnya pengkajian representasi pandangan dunia pengarang sebagai cerminan pengajaran unsur ekstrinsik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 21 Apr 2016 03:31
Last Modified: 21 Apr 2016 03:31
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27607

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo