UMM Institutional Repository

MOTIVASI MAHASISWI MEMBACA RUBRIK FOR HER DI KORAN JAWA POS (Studi pada Mahasiswi Ilmu Komunikasi Konsentrasi Jurnalistik Angkatan 2008)

ZAHARANI, YUSRINA (2012) MOTIVASI MAHASISWI MEMBACA RUBRIK FOR HER DI KORAN JAWA POS (Studi pada Mahasiswi Ilmu Komunikasi Konsentrasi Jurnalistik Angkatan 2008). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yusrinazah-28903-1-pendahul-n.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yusrinazah-28903-2-babi.pdf

Download (135kB) | Preview

Abstract

Jawa Pos adalah surat kabar harian yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Jawa Pos merupakan harian terbesar di Jawa Timur. Dalam kaitannya dengan penelitian ini, peneliti tertarik dengan adanya rubrik For Her yang ada di koran Jawa Pos. Rubrik ini menceritakan tentang wanita, kehidupan serta permasalahannya. Hal in menjadi ketertarikan peneliti untuk mengetahui motivasi dari mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi, konsentrasi Jurnalistik dalam membaca rubrik For Her di Koran Jawa Pos. Robbins, S. P., (1996) mendefinisikan motivasi sebagai suatu kerelaan untuk berusaha seoptimal mungkin dalam pencapaian tujuan organisasi yang dipengaruhi oleh kemampuan usaha untuk memuaskan beberapa kebutuhan individu. Sedangkan membaca merupakan salah satu aktivitas yang paling penting bagi kehidupan manusia. Aktivitas membaca memfasilitasi dan menjadi penunjang kelangsungan berbagai bidang kehidupan karena banyak sekali aktivitas atau kegiatan lainnya yang bergantung pada aktivitas membaca, misalnya belajar atau bekerja (Ampuni, 1998). Tipe penelitian yang digunakan adalah Deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Universitas Muhammadiyah Malang . Informan dalam penelitian ini adalah mahasiswi UMM Jurusan Ilmu Komunikasi konsentrasi Jurnalistik dengan teknik pengambilan informan Purposive Sampling. Dan di dapatkan 4 orang informan yang telah sesuai dengan kriteria yang ditentukan peneliti. Teknik analisa data yang digunakan peneliti menggunakan teknik analisa deskriptif kualitatif. Triangulasi yang dipakai adalah dengan menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan analisa data yang telah dilakukan pada bab sebelumnya, maka peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa motivasi mahasiswa dalam membaca rubrik For Her ini terbagi menjadi motivasi instrinsik dan motivasi ekstrinsik. Motivasi instrinsi merupakan motivasi yang berasal dari dalam diri sendiri, dan yang menjadi motivasi instrinsik dari mahasiswa dalam membaca rubrik For Her ini yaitu ketertarikan pada isi dari rubrik yang membahas tentang perempuan, segmentasi dari Jawa Pos, dan rasa penasaran terhadap kontiniti berita menjadi motivasi intrinsik dari para informan untuk membaca rubrik For Her ini. Sedangkan pada motivasi ekstrinsik adalah motivasi yang berasal dari luar diri individu, eksistensi diri dan motivasi dari teman merupakan motivasi yang berasal dari luar dirinya atau sebagai motivasi eksternal. Berdasarkan hasil wawancara dapat diasumsikan bahwasanya selain memberikan informasi seputar dunia perempuan dan aktivitasnya, ternyata rubrik For Her mampu memberikan inspirasi bagi para pembacanya. Dan dari motivasi yang telah dipaparkan diatas motivasi mengacu pada dorongan dan usaha untuk memuaskan kebutuhan atau suatu tujuan, yaitu kebutuhan akan informasi terhadap dunia seputar wanita dan aktivitasnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 21 Apr 2016 03:21
Last Modified: 21 Apr 2016 03:21
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27600

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo