UMM Institutional Repository

OPINI MAHASISWA TENTANG PRODUCT PLACEMENT DALAM FILM KENTUT Studi pada Anggota Kine Klub Universitas Muhammadiyah Malang

Hasanah, Nurul Fitriyah (2012) OPINI MAHASISWA TENTANG PRODUCT PLACEMENT DALAM FILM KENTUT Studi pada Anggota Kine Klub Universitas Muhammadiyah Malang. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurulfitri-28904-1-pendahul-n.pdf

Download (811kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurulfitri-28904-2-babi.pdf

Download (230kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari atas semakin banyaknya merek/produk yang masuk dalam adegan film dari beberapa tahun belakangan ini. Hal ini dikarenakan pengiklan mengganggap memasang iklan pada televisi sekarang iki kurang efektif karena adanya remote televisi yang menyebabkan penonton cenderung akan mengganti channel pada setiap break iklan, sehingga pengiklan mencari cara agar iklan bisa sampai pada penonton yaitu dengan product placement, baik itu pada film, video klip, game, dll. Maka peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana opini mahasiswa tentang product placement pada film Kentut. Opini/pendapat merupakan jawaban terbuka (overt) terhadap suatu persoalan/issue ataupun jawaban yang dinyatakan berdaasarkan kata-kata yang diajukan secara tertulis ataupun lisan. Opini/pendapat seseorang dapat berbeda-beda meskipun stimulus yang diterima sama tergantung dari pengalaman masa lalu dan pribadi responden. Sedangkan product placement merupakan strategi yang dilakukan perusahaan pengiklan untuk menampilkan produknya dengan kesan bahwa produk tersebut bagian dari cerita film semakin halus penempatan produk maka product placement dapat dianggap berhasil. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan menggunakan metode penelitian survey. Teori yang digunakan adalan stimulus organism respon. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota Kine Klub Universitas Muhammadiyah Malang dengan sampel berjumlah 57 responden yang ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin dan penarikan sampel diambil dengan menggunakan metode acidental sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, data primer diperoleh melalui kuesioner yang pengukurannya menggunakan skala Likert, data sekunder diperoleh dari data dokumen, buku, jurnal dll. Data yang diperoleh dari kuesioner dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan tabel frekuensi melalui (statistical product service solution) 17.0. Teknik analisa data menggunakan rumus mean yang selanjutnya dibuatkan tabel interval untuk mengetahui masuk kategori yang mana pada nilai rata-rata yang telah didapat. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa tentang product placement tergolong baik yakni dengan nilai rata-rata sebesar 3,7. Pengukuran dalam penelitian ini meliputi beberapa aspek antara lain aspek perhatian, penerimaan dan penilaian. Responden memiliki perhatian terhadap apa yang dilihatnya baik itu logo, penyebutan merek atau penggunaan artis/aktor. Pada aspek penerimaan responden menerima adanya product placement karena responden beranggapan bahwa industri perfilman tergantung dengan adanya iklan karena pembuatan film yang tidak lagi murah, akan tetapi meskipun responden banyak menerima kemunculan product placement dalam film Kentut responden merasa perlu adanya pembatasan terhadap product placement dalam film Kentut agar produk/merek tidak lagi muncul secara mencolok dan berlebihan. Atas hasil tersebut bisa direkomendasikan kepada penelitian selanjutnya dengan tema yanga sama untuk meneliti pada aspek yang berbeda dan diperbanyak jumlah sampelnya atau pada media yang berbeda, sedangkan untuk production house agar menempatkan produk/merek dengan halus dan diberikan batasan-batasan terhadap kemunculan produk/merek agar kemunculannya tidak berlebihan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 21 Apr 2016 03:14
Last Modified: 21 Apr 2016 03:14
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27598

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo