UMM Institutional Repository

Pencitraan Presiden Dalam Karya Fotografi (Analisis Semiotik Foto Presiden Susilo Bambang Yudhoyono Dan Megawati Soekarno Putri pada buku "Split Second, Split Moment" karya Julian Sihombing)

Prabowo, M. Firman Unggul (2012) Pencitraan Presiden Dalam Karya Fotografi (Analisis Semiotik Foto Presiden Susilo Bambang Yudhoyono Dan Megawati Soekarno Putri pada buku "Split Second, Split Moment" karya Julian Sihombing). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mfirmanung-29074-1-pendahul-n.pdf

Download (744kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mfirmanung-29074-2-babi.pdf

Download (320kB) | Preview

Abstract

Pencitraan adalah sebuah kesan, perasaan, gambaran diri publik terdahap seseorang atau kelompok. Memang sebuah pencitraan merupakan hal yang penting bagi seorang figur publik. Dengan pemilihan penelitian dengan metode semiotika akan dicari tanda dan makna representasi pencitraan dua presiden indonesia. Analisa lebih dalam akan menemukan nilai pencitraan presiden yang dihasilkan. Penilitian ini mencoba merepresentasikan pencitraan seorang presiden dalam karya fotografi. Rumusan masalah yang coba digali oleh peneliti adalah representasi pencitraan presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Megawati Soekarno Putri dalam buku "Split Second Split Moment". Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif-intrepretatif dengan analisis semiotik. Mengacu pada teori dari Roland Barthes dengan struktur dikotomi denotasi dan konotasi, peneliti akan mencari beberapa tanda yang merujuk pada sebuah pencitraan presiden sesuai dengan rumusan masalah yang akan dijawab. Ruang lingkup penelitian sendiri ada pada buku "Split Second Split Moment" yang terdapat 14 foto presiden indonesia dari 205 foto yang termuat yang terdiri dari peristiwa sosial di indonesia, olah raga, perayaan, kerusuhan mei, kondisi politik indonesia dan yang pasti tentang kegiatan presiden indoensia. Lalu, dari 14 foto presiden indonesia, peneliti akan memilih 6 foto diantaranya 3 foto presiden SBY dan 3 fot presiden Megawati yang mewakili batasan penelitian yang akan dianalisis. Peneliti beralasan karena 6 foto tersebut mempunyai efek pencitraan yang kuat bagi seorang presiden. Setelah dilakukan analisis dengan metode semiotik, akhirnya ditemukan beberapa jawaban atas pencitraan presiden. Presiden SBY mempunyai pencitraan yang baik sebagai pemimpin negara ini. Presiden SBY memiliki pencitraan sebagai presiden yang penuh dengan kebijaksanaan, keseriusan, yang selalu menjadi pusat perhatian, rendah hati, menghargai sejarah, menghormati orang lain, berwibawa dan berprestasi baik bagi negeri ini. Sebagai seorang pemimpin, SBY merupakan orang yang tepat dan sempurna. Presiden Megawati mempunyai pencitraan yang cukup bagus sebagai pemimpin negara ini. Presiden Megawati memiliki pencitraan sebagai presiden yang kuat, tangguh, seorang pemimpin yang baik, dihormati dan di hargai, rendah hati, mudah beradaptasi, menghormati yang lain, selalu menjadi pusat perhatian. Namun Presiden Megawati memiliki pencitraan yang buruk seperti pencitraan presiden yang kurang tegas dan sedikit kurang bisa mngatur wibawanya. Dari penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa pencitraan Presiden SBY lebih baik daripada Presdien Megawati. Seperti kata mitos yang cocok tentang kepemimpinan yaitu pemimpin yang baik adalah seorang pemimpin laki-laki bukan perempuan karena perempuan di takdirkan melayani laki-laki.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 21 Apr 2016 03:05
Last Modified: 19 Mar 2018 06:28
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27593

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo