UMM Institutional Repository

IDEOLOGI FREEMANSONRY DALAM COVER ALBUM DEWA 19 Analisis Semiotik Pada Cover Album Kaset Dewa 19

Fachrudi Nz, Nazly (2012) IDEOLOGI FREEMANSONRY DALAM COVER ALBUM DEWA 19 Analisis Semiotik Pada Cover Album Kaset Dewa 19. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nazlyfachr-29110-1-pendahul-n.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nazlyfachr-29110-2-babi.pdf

Download (264kB) | Preview

Abstract

Dewasa ini, sudah banyak sekali grup-grup band Indonesia berdiri dan menggunakan simbol-simbol yang bervariatif di setiap band nya sebagai sebuah trend pada masa kini ataupun malah bahkan menjadi sebuah ideologi. Seperti band Dewa 19, yang merupakan salah satu band di Indonesia yang cukup terkenal. Dewa 19 menggunakan beberapa simbol-simbol Yahudi didalam setiap albumnya sebagai cara penyebarannya. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah “Makna apa yang terkandung dibalik simbol-simbol yang ada di dalam cover album Dewa 19 ?, Apakah ada hubungan antara Ahmad Dhani dan Freemasonry?.” Sedangkan Fokus Penelitian ini difokuskan pada simbol dan gambar dalam cover album CD dan kaset Dewa 19. Pesan-pesan yang disampaikan oleh komunikator atau kreator ini disimbolisasikan melalui gambar atau simbol yang kemungkinan besar semua orang tidak mengetahui arti dari gambar atau simbol tersebut, sehingga gambar dalam cover tersebut menduduki status simbol dan memiliki makna simbolik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-intepretatif. Dalam hal ini, peneliti berusaha membaca sebuah tanda dengan menggunakan metode semiotika Rolland Barthes. Menurutnya tanda merupakan konstruksi lambang-lambang atau pesan yang pemaknaannya tidak cukup hanya dengan mengaitkan signifier dan signified semata, namun juga harus dilakukan dengan memperhatikan susunan (construction) dan isi (content) dari lambang. Dari penelitian yang dilakukan, ditemukan beberapa simbol-simbol Yahudi yang digunakan Ahmad Dhani hampir sama seperti yang digunakan oleh Organisasi Freemasonry untuk dapat menyelesaikan proyek mereka yaitu membangun sebuah Tatanan Dunia Baru (New World Order). Seperti dapat dilihat diantaranya Ahmad Dhani bangga dengan Gen dari kakeknya Jan Frederich Kohler yang tidak lain adalah kakeknya dari ibunya yang juga keturunan Yahudi-Jerman. Selain itu juga penggunaan simbol mata kiri yang merupakan simbol dari Dewa Ra (Dewa Matahari) menurut mitologi Mesir kuno dan sebuah piramida yang tidak sempurna di ujungnya. Menurut Freemasonry piramida itu akan menjadi sempurna, apabila proyek mereka akan berhasil untuk melakukan Sekularisasi Dunia (Novus Ordo Secloreum.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 21 Apr 2016 02:56
Last Modified: 21 Apr 2016 02:56
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/27587

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo